Ilustrasi sayur pare(Pixabay/Paresh85)
Ilustrasi sayur pare(Pixabay/Paresh85) ( KOMPAS.COM)

Pare Disebut Tidak Boleh Dimakan Bersama Udang, Teh, dan Manggis, Apakah Benar?

24 Agustus 2023 20:39 WIB

SONORABANGKA.ID - Sebuah video yang menyebut sayuran pare tidak boleh dikonsumsi bersama udang, teh, dan buah manggis beredar di media sosial.

Video tersebut diunggah oleh akun TikTok @uyaa_cebong, Senin (19/6/2023). Dalam unggahan tersebut, disebutkan bahwa pare yang dimakan bersama bahan-bahan tadi dapat membahayakan tubuh.

"Kalau masih sayang nyawa, jangan lagi makan pare dicampur dengan makanan ini. Risikonya gak main-main," tulis pengunggah.

Ia menjelaskan, pare mengandung vitamin c yang tinggi sehingga kalau dimakan bersama makanan yang mengandung senyawa arsenik kemoterapi 5 seperti udang, akan berubah menjadi valensi arsenik 3 yang beracun.

Selain itu, pengunggah juga menyebutkan bahwa minum teh setelah mengonsumsi pare menyebabkan sakit perut. 

Konsumsi manggis dan pare juga membuat tubuh tidak nyaman. Ini karena sistem pencernaan dapat terganggu sehingga berakibat buruk bagi pencernaan.

Hingga Kamis (24/8/2023), video tersebut tayang sebanyak 6,9 juta kali, disukai 55.200 pengguna TikTok, dan dibagikan 31.200 kali.

Lantas, benarkah pare tidak boleh dimakan bersama udang, teh, dan buah manggis?

Kandungan pare

Pakar herbal dari Fakultas Farmasi Universitas Indonesia, Abdul Mun'im tidak membenarkan informasi kandungan berbahaya dari pare dan bahan-bahan lainnya.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm