Ilustrasi perbaikan rangka motor yang berkarat dan keropos(KOMPAS.com/ADITYO WISNU)
Ilustrasi perbaikan rangka motor yang berkarat dan keropos(KOMPAS.com/ADITYO WISNU) ( KOMPAS.COM)

Selain Rangka, Ini Komponen Motor yang Juga Rawan Karat

24 Agustus 2023 21:56 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Rangka atau yang disebut sasis, adalah bagian paling dasar sepeda motor yang berfungsi mendukung mesin, transmisi, dan roda.

Belakangan ini rangka motor matik Honda tengah mendapat sorotan karena mengalami karat dan mengakibatkan keropos.

Sebagai salah satu komponen yang terbuat dari pipa baja ataupun pelat baja, rangka sering kali berkarat. Namun selain rangka, rupanya masih ada komponen lain yang berpotensi mengalami korosi.

“Buat motor matik bukan cuma rangka yang bisa berkarat, tapi juga standar tengah, sudah dari dulu itu standar tengah atau standar dua itu sering macet,” ujar Eni Suratno, Pemilik Bengkel Las Kaya Teknik di Tangerang, kepada Kompas.com (24/8/2023).

Macetnya standar tengah motor juga bisa berimbas pada rusaknya komponen lain, misalnya blok mesin, khususnya pada motor matik.

“Nanti kalau sering diketok biasanya pecah sampai ke blok mesinnya. Saya mungkin sampai tiap hari mengelas itu,” ucap Suratno.

Selain itu, komponen lain yang berpotensi mengalami karat adalah standar samping dan knalpot.

Bahkan bagian tangki motor matik yang kebanyakan posisinya berada di bawah jok juga bisa berkarat. Tapi kasus tersebut menurut Suratno lebih jarang terjadi.

“Terus dudukan aki, biasanya kan ada di dek tengah. Baut-baut di dudukannya pasti kena korosi terutama buat yang sudah pernah lewat banjir, itu bakal susah dibuka,” kata dia.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Selain Rangka, Ini Komponen Motor yang Juga Rawan Karat", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2023/08/24/184100315/selain-rangka-ini-komponen-motor-yang-juga-rawan-karat.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm