Pemerintah Kota Tangerang menggelar uji emisi gratis selama tiga hari ke depan di beberapa titik lokasi, guna meningkatkan kualitas udara di daerah, Selasa (20/9/2022).(Istimewa )
Pemerintah Kota Tangerang menggelar uji emisi gratis selama tiga hari ke depan di beberapa titik lokasi, guna meningkatkan kualitas udara di daerah, Selasa (20/9/2022).(Istimewa ) ( KOMPAS.COM)

Cara Untuk Bikin Mobil Lawas Lulus Uji Emisi

26 Agustus 2023 19:49 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menerapkan uji coba tilang uji emisi yang dimulai sejak Jumat (25/8/2023).

Tilang uji emisi merupakan tindak lanjut dari kebijakan Pemprov DKI Jakarta dalam mengatasi polusi udara yang terus memburuk.

Dalam penerapan tilang uji emisi ini, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) DKI Jakarta bersama TNI Polri menggelar razia serentak di beberapa titik.

“Kami akan laksanakan secara serentak Jalan Perintis Kemerdekaan, Jakarta Timur. Kemudian di Jalan RE Martadinata, Jakarta Utara,” ujar Wakil Kepala Dinas LH DKI Jakarta Sarjoko, di Gedung DPRD DKI Jakarta, Kamis (24/8/2023).

Mengenai uji emisi, mungkin bukan jadi hal yang menakutkan bagi pemilik mobil baru, apalagi dirawat dengan baik. Berbeda halnya dengan mobil yang sudah tua, bisa saja tidak lolos.

Lantas, bagaimana cara mobil lawas bisa lulus uji emisi?

Widodo, pemilik bengkel AD Oya yang berlokasi di Jalan Sulaiman, Kebon Jeruk, Jakarta Barat mengatakan, ada cara mudah yang bisa dilakuakn agar mobil lawas bisa lolos uji emisi.

“Paling utama di flushing atau di gurah kalau orang bilang, jadi ruang pembakaran itu dikasih cairan kimia untuk menghancurkan keraknya. Harganya di pasaran itu jual satu botol Rp 100.000 sampai Rp 150.000. Biasanya orang pakai satu setengah biar keraknya bisa hancur,” ucap Dodo kepada Kompas.com, Sabtu (26/8/2023).

Setelah itu, pemilik mobil disarankan untuk mengganti busi dan mengisi bahan bakar dengan oktan yang lebih tinggi.

“Kalau cara itu sudah dilakukan langsung segera cek emisi, jangan tunggu satu sampai dua hari,” kata Dodo.

Menurut Dodo, kalau mobil lawas atau tahun tua melakukan perawatan mobil secara teratur maka tidak perlu khawatir saat mengikuti uji emisi. Sebab, perawatan berkala menjadi kunci utama supaya kendaraan lulus uji emisi.

“Paling penting perawatan berkala, ganti oli, filter. Kalau rajin perawatan pasti bisa lolos (uji emisi),” ujar Dodo.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Cara Bikin Mobil Lawas Lulus Uji Emisi ", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2023/08/26/134200515/cara-bikin-mobil-lawas-lulus-uji-emisi-.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm