Ilustrasi saus tomat.
Ilustrasi saus tomat. ( FREEPIK/DASHU83)

Tinggi Gula Pemicu Diabetes, Hindari 5 Makanan Berikut Ini

27 Agustus 2023 06:49 WIB

SonoraBangka.id - Mengonsumsi gula terlalu banyak dapat membahayakan kesehatan. Batas gula per hari yang disarankan adalah 50 gram. Gula berlebih bisa meningkatkan risiko banyak penyakit, seperti obesitas, diabetes, dan penyakit jantung. Hindari makanan tinggi gula dengan mengecek jumlah gula di kemasan produknya. Kamu juga bisa mengurangi takaran gula dalam makanan bila membuatnya sendiri di rumah. Simak makanan tinggi gula yang dilansir dari Healthline berikut ini.

1. Yoghurt rendah lemak

Yoghurt rendah lemak biasa dipilih sebagai makanan diet karena kandungan lemaknya yang tidak setinggi yoghurt biasa. Nyatanya, yoghurt rendah lemak sering kali mengandung tambahan gula demi meningkatkan cita rasanya. Sebanyak 245 gram yoghurt rendah lemak mengandung lebih dari 45 gram gula. Perhatikan kandungan gula di kemasan yoghurt low fat sebelum membelinya, apalagi bila sedang diet gula dan lemak. 

2. Saus barbeku

Setiap dua sendok makan atau 28 gram saus barbeku bisa mengandung sekitar sembilan garam gula. Kamu bisa menyesuaikan takaran gula saus barbeku bila membuat pelengkap makan ini sendiri di rumah. Namun, bila membeli saus barbeku kemasan, sebaiknya perhatikan jumlah gula yang ada di produk tersebut.

3. Saus tomat 

Saus tomat juga tinggi gula. Hal ini jarang disadari karena saus tomat terasa asam pedas dan hanya sedikit manis. Satu sendok makan saus tomat bisa mengandung hampir satu sendok teh gula. Perhatikan konsumsi saus tomat 

4. Granola

Granola dianggap mengenyangkan karena dibuat dari oat yang tinggi serat dan protein. Sayangnya, banyak granola kemasan yang sudah dicampur dengan kacang dan madu atau pemanis lainnya. Akhirnya, jumlah gula dalam granola kemasan pun bisa meningkat. Setiap 100 gram granola mengandung 400-500 kalori dan sekitar lima hingga tujuh sendok teh gula.

5. Sereal

Sereal umum ditemui sebagai menu sarapan yang praktis dan manis, apalagi bila dikonsumsi dengan susu manis. Mengonsumsi sereal setiap hari bisa meningkatkan gula darah dalam tubuh yang meningkatkan risiko penyakit tertentu. Sereal mengandung sekitar 12 gram gula untuk setiap porsinya.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Hindari 5 Makanan Tinggi Gula Pemicu Diabetes, Ada Makanan Favoritmu?", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/food/read/2023/08/24/113200075/hindari-5-makanan-tinggi-gula-pemicu-diabetes-ada-makanan-favoritmu-?page=all#page2.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm