Ilustrasi brokoli
Ilustrasi brokoli ( Mizina)

Hindari Saat Beli di Pasar, Berikut 3 Ciri Brokoli Hampir Busuk

27 Agustus 2023 07:04 WIB

SonoraBnagka.id - Bila tidak memilih brokoli dengan tepat, kamu bisa mendapatkan sayuran tidak segar atau hampir busuk. Hindari membeli brokoli hampir busuk dengan mengetahui ciri-ciri brokoli yang sudah tidak layak masak. Kamu bisa memilih brokoli dengan batang keras dan menyimpannya sebentar di rumah selama lima hari hingga seminggu, selama cara menyimpannya benar. Brokoli hampir busuk tidak bisa disimpan terlalu lama sehingga rasanya pun kurang nikmat setelah dimasak. Dilansir dari All Recipes, simak tiga ciri brokoli hampir busuk yang bisa kamu ketahui berikut ini. 

1. Batang brokoli menghitam

Ciri ini bukan berarti warna batang brokoli yang hijau cerah tiba-tiba berubah menjadi hitam. Namun, brokoli hampir busuk biasanya memiliki bercak atau jamur hitam kecil di bagian batangnya. Batang brokoli juga perlahan menguning dan bertunas yang berarti sudah tidak segar lagi dan kurang nikmat dimakan.

2. Bau brokoli tidak sedap 

Brokoli segar tentu memiliki aroma yang sedap dicium. Berbanding terbalik dengan brokoli hampir busuk. Bakteri akan mulai mengurai pada brokoli hampir busuk, lalu mengeluarkan bau tidak sedap. Jika demikian, hindari membeli brokoli tersebut karena sudah hampir busuk dan baunya mengganggu.

3. Kuntum brokoli layu

Kuntum atau bunga brokoli akan berwarna hijau cerah dan rapat bila masih segar. Brokoli dengan kuntum layu atau bengkok menandakan brokoli sudah terlalu lama disimpan sehingga muncul tanda pembusukan. Ujung batang brokoli juga akan berwarna putih dan kering ketika dipotong, menandakan sayuran ini sudah mulai membusuk.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "3 Ciri Brokoli Hampir Busuk, Hindari Saat Beli di Pasar", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/food/read/2023/08/24/102900875/3-ciri-brokoli-hampir-busuk-hindari-saat-beli-di-pasar?page=all#page2.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm