Demonstrasi penggunaan alat pengukur tegangan aki motor(KOMPAS.com/daafa)
Demonstrasi penggunaan alat pengukur tegangan aki motor(KOMPAS.com/daafa) ( KOMPAS.COM)

Hindari Untuk 3 Perilaku Ini Supaya Aki Motor Panjang Umur

27 Agustus 2023 20:20 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Usia penggunaan aki motor umumnya cukup lama, yakni sekitar dua tahun. Akan tetapi, angka itu bisa menurun dan jadi pendek bila pengguna tidak telaten dalam merawat.

Sejatinya ada banyak faktor yang membuat aki soak, dan kebanyakan disebabkan oleh kelalaian dari pengguna alias human error, bukan masalah teknis.

Anto Hananto, Kepala Bengkel AHASS 88 menjelaskan, sedikitnya ada tiga perilaku pengendara yang menyebabkan aki motor cepat rusak.

“Memang pastinya enggak cuma tiga, tapi ini kasus yang cukup sering dijumpai di lapangan,” ucapnya kepada Kompas.com di Tangerang, belum lama ini.

1. Modifikasi berlebihan di komponen elektrikal

Sebab pertama tentu sering dijumpai di jalan dan umumnya dilakukan pengendara muda. Yang dimaksud dengan komponen elektrikal contohnya yakni modifikasi lampu atau klakson.

Lampu variasi untuk motor kadang memiliki tegangan daya yang jauh lebih besar dibandingkan versi standar. Secara pencahayaan memang lebih terang, tapi hal itu berdampak pula pada konsumsi listrik yang banyak.

“Klakson modif yang suaranya nyaring juga berbahaya, bahkan ada beberapa model yang tegangannya jauh lebih besar dibandingkan lampu motor standar. Padahal cuma klakson,” ucap Anto.

2. Motor didiamkan dalam waktu yang lama

Alasan kedua cukup klise, namun terbilang masih cukup sering dijumpai. Motor yang jarang digunakan juga jadi salah satu penyebab aki soak.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm