SonoraBangka.ID - Masyarakat yang mengalami permasalahan rangka enhanced Smart Architecture Frame (eSAF) keropos atau patah pada sepeda motor Honda, diminta untuk melapor ke tempat servis resmi Honda (Astra Honda Authorized Service Station/AHASS) terdekat.
Sebagai informasi, rangka eSAF merupakan desain struktur bagian depan yang terhubung dengan duduk pengendara pada sepeda motor.
Kementerian Perhubungan (Kemenhub) telah meminta PT Astra Honda Motor (AHM) membuka pusat pengaduan untuk menampung keluhan konsumen terkait rangka eSAF.
Adapun jalur penyampaian keluhan konsumen yang disediakan PT AHM yakni via telepon 1-500-989, email customercare@astrahonda.com atau SMS di 0811-9-500-989.
Tidak hanya menyediakan jalur penyampaian keluhan konsumen, PT AHM juga akan memperbaiki dan melakukan perawatan pada rangka eSAF yang bermasalah.
Untuk itu, konsumen Honda dapat mendatangi AHASS terdekat untuk melakukan perawatan dan perbaikan sesuai dengan kondisi unit motor.
"Di samping itu (menyediakan pusat pengaduan), PT Astra Honda Motor juga akan melakukan perbaikan dan perawatan sesuai kondisi yang diperlukan melalui bengkel resmi AHM terdekat untuk memastikan kendaraan yang digunakan aman dan selamat," ujar Direktur Sarana Transportasi Jalan Ditjen Perhubungan Darat Kemenhub Danto Restyawan dalam keterangan tertulis, Senin (28/8/2023).
Gratis
Senior Investigator Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) Ahmad Wildan menyebut, konsumen bisa mendapatkan layanan pemeliharaan dan perawatan terkait eSAF di AHASS secara gratis.
"Kalau ada konsumen yang mengeluh terkait dengan rangka honda eSAF tadi, bisa menghubungi AHASS terdekat untuk mendapatkan layanan pemeliharaan perawatan sesuai dengan kondisi yang ada. Gratis," ucap Wildan.
Namun dia menekankan, layanan pemeliharaan dan perawatan ini diberikan tergantung dari hasil pemeriksaan. Pasalnya, keluhan pada rangka eSAF tidak selalu diselesaikan dengan mengganti rangka eSAF.
"Nanti kondisinya seperti apa kan belum tentu harus diganti. Jadi harus diperiksa dulu dan sebagainya," kata Wildan.
"Makanya tadi saya sampaikan akan mendapatkan pemeliharaan dan perawatan sebagaimana kondisi yang dibutuhkan. Yang dibutuhkan apa? Kalau memang harus diganti ya diganti, kalau memang hanya diperbaiki, dimaintenance, dan sebagainya ya dimaintenance," sambungnya.
Sebagai informasi, keputusan ini merupakan salah satu langkah tindak lanjut dari pertemuan antara Kemenhub, KNKT, dan PT AHM pada Senin (28/8/2023).
Rapat ini bertujuan untuk menelusuri akar permasalahan serta meminta penjelasan soal rangka eSAF yang patah dan viral di media sosial.
Pertemuan ini penting dilakukan karena Kemenhub dan KNKT perlu menelusuri dan meminta penjelasan kepada PT AHM. Hal ini dilakukan dalam rangka memastikan terwujudnya kendaraan bermotor yang berkeselamatan.
Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Bawa Rangka eSAF Bermasalah ke Bengkel Resmi, KNKT: Gratis", Klik untuk baca: https://money.kompas.com/read/2023/08/29/050700326/bawa-rangka-esaf-bermasalah-ke-bengkel-resmi-knkt--gratis?page=all#page2.