Pemerintah akan menghitung kembali harga Pertalite apabila harga minyak dunia turun ke level 60-65 dollar AS per barel.(Dok. Pertamina)
Pemerintah akan menghitung kembali harga Pertalite apabila harga minyak dunia turun ke level 60-65 dollar AS per barel.(Dok. Pertamina) ( KOMPAS.COM)

Alasan Pertamina Usulkan Untuk Pertalite Diganti Pertamax Green 92

31 Agustus 2023 21:04 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah PT Pertamina (Persero) mengusulkan mengganti penjualan bahan bakar minyak (BBM) RON 90 atau Pertalite dengan Pertamax Green 92 pada 2024.

Rencananya, Pertamax Green 92 akan masuk ke dalam kategori bahan bakar (BBM) yang disubsidi pemerintah. 

Nantinya, Pertalite akan dicampur dengan Etanol 7 persen (E7), sehingga menjadi Pertamax Green 92.

Tapi, kajian yang dinamakan Program Langit Biru Tahap 2 tersebut masih dilakukan secara internal dan belum diputuskan.

"Program tersebut merupakan hasil kajian internal Pertamina, belum ada keputusan apapun dari pemerintah. Tentu ini akan kami usulkan dan akan kami bahas lebih lanjut," ucap Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati, dalam keterangan resminya saat menghadiri Rapat Dengar Pendapat dengan Komisi VII DPR RI di Jakarta, Rabu (30/8/2023).

Adapun tahap pertama dari Program Langit Biru telah dilakukan sejak dua tahun lalu, yakni dengan penghapusan BBM RON 88 atau premium menjadi BBM RON 90 alias Pertalite.

Pada tahap kedua ini, Pertamina mengusulkan mengganti BBM RON 90 alias Pertalite ke BBM RON 92 atau Pertamax Green 92.

Nicke mengatakan, usulan ini dilakukan karena secara aturan octane number yang boleh di Indonesia minimum 91.

“Nah, ini kita lanjutkan sesuai rencana adalah Program Langit Biru tahap 2, di mana BBM subsidi kita naikkan dari RON 90 ke RON 92, karena aturan KLHK (Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan) menyatakan octane number yang boleh dijual di Indonesia itu minimum 91,” kata Nicke.

Selain itu, pergantian Pertalite menjadi langkah tepat yang dilihat dari tiga aspek, yakni lingkungan karena bisa menurunkan emisi karbon, mandatori bioetanol, dan yang ketiga menurunkan impor gasoline.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm