Ilustrasi piringan cakram, kaliper, dan kampas rem mobil(Dok. Daihatsu Indonesia)
Ilustrasi piringan cakram, kaliper, dan kampas rem mobil(Dok. Daihatsu Indonesia) ( KOMPAS.COM)

Ini Untuk Efek Buruk Mobil Pakai Kampas Rem KW

31 Agustus 2023 21:49 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Penggunaan kampas rem dengan kualitas rendah (KW) dapat menyebabkan masalah pada piringan cakram dan sistem pengereman secara menyeluruh.

Kampas rem sendiri menjadi komponen penting dalam sistem pengereman, dan kualitasnya sangat berperan besar. Sehingga pemilihan produk yang asli dan berkualitas sangat penting dilakukan untuk menjaga kinerja, keamanan dan keandalan berkendara.

Sehingga pemilihan komponen yang asli dan berkualitas adalah langkah penting untuk menjaga kesehatan dan kinerja optimal kendaraan.

Gatot, mekanik bengkel Surya Wonogiri, mengatakan piringan cakram mudah mengalami kerusakan jika menggunakan barang KW.

“Yang banyak terjadi, ketika penggantian kampas rem menggunakan bayang yang tidak ori,” ungkap Gatot kepada Kompas.com, Kamis (31/8/2023).

Kampas rem KW, memiliki kualitas yang rendah daripada yang asli. Biasanya dibuat oleh produsen yang tidak memiliki reputasi baik atau tidak mengikuti standar produksi yang ketat. Ini akan berdampak negatif pada kinerja pengereman dan mengancam keselamatan berkendara.

Gatot, mengatakan penggunaan kampas KW bahkan dapat merusak piringan cakram mobil.

“Menyebabkan kerusakan pada piringan cakram,” ungkap Gatot kepada Kompas.com, Kamis (31/8/2023).

Kerusakan pada piringan cakram berupa goresan yang berdampak buruk pada kinerja pengereman dan masa pakai. Kerusakan ini (goresan) dapat menyebabkan masalah, termasuk potensi terjadinya karat.

“Bahan yang digunakan tidak standar dan menggunakan bahan material yang keras,” ungkap Gatot.

“Menyebabkan kerusakan pada piringan cakram,” ungkap Gatot kepada Kompas.com, Kamis (31/8/2023).

Selain itu, Gatot juga mengatakan, bila piringan cakram bermasalah akan mengeluarkan bunyi.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Ini Efek Buruk Mobil Pakai Kampas Rem KW", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2023/08/31/153028915/ini-efek-buruk-mobil-pakai-kampas-rem-kw.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm