Nasi goreng kacang polong dan jagung manis pipil untuk sarapan.
Nasi goreng kacang polong dan jagung manis pipil untuk sarapan. ( SHUTTERSTOCK/GOWITHSTOCK)

Tips dari Pakar, Berikut 3 Cara Membuat Sarapan Bergizi untuk Anak

2 September 2023 15:37 WIB

SonoraBangka.id - Kebutuhan gizi dalam tubuh bisa dipenuhi melalui asupan makanan, khususnya untuk anak-anak. Made Astawan, pakar teknologi pangan, mengatakan bahwa sarapan sangat penting bagi anak dan orang dewasa. Setidaknya, porsi sarapan harus memenuhi 30 persen dari total kebutuhan gizi harian. Simak cara menyiapkan sarapan bergizi untuk anak yang dijelaskan dalam konferensi pers BlueBand, Kamis (24/8/2023), berikut ini. 

1. Perhatikan kebutuhan gizi anak

Kebutuhan gizi anak bisa jadi berbeda-beda. Kamu harus mengetahui gizi apa yang diperlukan oleh anak. Salah satu nutrisi penting yang harus dipenuhi oleh anak-anak adalah omega 3 dan 6. Made menyampaikan bahwa omega 3 sangat penting untuk perkembangan otak anak. "DHA dalam omega 3 itu paling top untuk tumbuh kembang otak anak, selama pemberiannya tepat selama 1.000 hari pertama dalam kehidupan," ujar Made.

2. Buat makanan beragam

Made menyampaikan, tidak ada makanan tunggal yang memiliki kandungan gizi sempurna, kecuali ASI. Hal ini berarti makanan anak harus disiapkan dari bahan beragam untuk menyeimbangkan nutrisi yang diperlukan. "Ada beragam sayur, bisa dikreasikan dengan teknik memasak sederhana untuk membuat makanan beragam," kata Made.

3. Bikin tampilan sarapan menarik

Menyiapkan makanan dari bahan makanan tinggi nutrisi saja tidak cukup. Anak-anak biasanya memerhatikan tampilan makanan sebelum menyantapnya. Tampilan makanan menjadi penting untuk meningkatkan nafsu makan anak agar tidak susah makan. Mona Ratuliu, selebriti sekaligus penggiat media sosial, penulis dan ibu dari empat anak, menyarankan untuk membuat makanan dengan tampilan menarik. "Misalnya nasi goreng. Hari ini dibentuk karakter apa, besok bentuknya diubah. Tampilan sajiannya sangat menentukan, menambah nafsu makan anak," jelas Mona.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "3 Cara Membuat Sarapan Bergizi untuk Anak, Tips dari Pakar", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/food/read/2023/09/02/080700975/3-cara-membuat-sarapan-bergizi-untuk-anak-tips-dari-pakar?page=all#page2.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm