Silencer knalpot Kawasaki Ninja ZX-4RR lebih panjang, dengan lubang diameter lebih besar(KOMPAS.com/DIO DANANJAYA)
Silencer knalpot Kawasaki Ninja ZX-4RR lebih panjang, dengan lubang diameter lebih besar(KOMPAS.com/DIO DANANJAYA) ( KOMPAS.COM)

Penyebab Terjadinya Suara Ledakan pada Knalpot Motor

3 September 2023 19:08 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Suara ledakan pada knalpot motor, sering kali mengagetkan penggunanya. Ini terjadi akibat (motor) yang sudah lama dipakai, dan tidak dilakukan perawatan yang teratur dan sesuai.

Andre, mekanik Part Station Wonogiri, mengatakan, knalpot yang mengeluarkan suara ledakan karena Air Induction System (AIS) bermasalah.

“Air Induction System (AIS) adalah sistem pengurangan emisi gas buang dengan cara menambahkan udara segar pada gas buang, sehingga untuk mengurangi gas emisi yang terlalu banyak.” jelas Andre.

Apabila terjadi kebocoran pada AIS, dapat menimbulkan suara ledakan di knalpot ketika di engkol.

“Itu biasanya lubang AIS, lubang gas emisinya bocor. Jadi menyebabkan letupan di knalpot,” ungkap Andre saat ditemui Kompas.com, Jumat (1/9/2023).

Suara ledakan pada knalpot ini terjadi karena terjadi adanya kebocoran pada lobang Air Induction System (AIS) terjadi kebocoran.

Sebagai informasi, AIS merupakan sistem yang mengatur aliran udara tambahan ke dalam sistem pembakaran untuk membantu mengurangi emisi gas buang. Jika terjadi kebocoran, akan menimbulkan suara yang tidak diinginkan seperti ledakan pada knalpot.

Selain itu, knalpot yang bocor juga menjadi faktor pemicu suara ledakan. Faktor dari penyebab kebocoran juga beragam, hal ini dikatakan oleh Andre.

“Korosi bisa, paking yang tidak pas atau bolong juga bisa, baut kendor juga bisa,” ungkap Andre.

Sebagai penjelasan, korosi mengakibatkan kerusakan material knalpot sehingga membentuk lubang atau kebocoran. Ini sama dengan paking yang bolong.

Mereka akan menyebabkan kebocoran gas buang dari tempat yang tidak semestinya dan menghasilkan suara ledakan pada knalpot.

Sementara baut yang kendor ini terjadi karena getaran mesin atau panas yang berulang. Sama seperti korosi dan paking yang tidak pas, (baut) kendor dapat menyebabkan kebocoran di sambungan-sambungan knalpot.

Sedangkan kampas rem yang berfungsi sebagai peredam tekanan gas buang, jika rusak atau aus tidak akan bekerja dengan sempurna. Ini memungkinkan tekanan gas buang tidak merata dan menyebabkan suara ledakan.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Penyebab Ada Suara Ledakan pada Knalpot Motor", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2023/09/03/130100315/penyebab-ada-suara-ledakan-pada-knalpot-motor.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm