Pina colada jus nanas dengan kelapa
Pina colada jus nanas dengan kelapa ( Dok. The Spruce Eats / Cara Cormack)

Dibikin Peserta MasterChef Season 11, Apa Itu Pina Colada ?

4 September 2023 14:55 WIB

SonoraBangka.id - Tantangan pertama MasterChef Indonesia season 11 mengharuskan satu kelompok yang terdiri dari tiga orang untuk membuat hidangan sesuai tema terpilih. Salah satu grup yang terdiri dari Harris, Farah, dan Qisthas mendapatkan tema chocolate and chilli atau cokelat dan cabai.

Mereka memutuskan membuat hidangan manis seperti sus dengan isi vla terbuat dari nanas dan santan ditambah cabai dan remahan kue (crumble). Harris menjelaskan bahwa isi sus adalah pina colada yang terbuat dari nanas dan santan. Namun, Juna meragukan hal tersebut karena tidak selalu nanas dan santan dapat disebut pina colada. Harris sendiri tidak yakin terkait pina colada. 

Lantas apa sebenarnya pina colada? Menurut The Spruce Eats, pina colada atau secara harfiah berarti nanas saring yang dipopulerkan oleh Ramon "Monchito" Marrero pada 1954. Monchito adalah seorang bartender di hotel Hilton di Puerto Riko. Pina colada adalah koktail klasik yang terbuat dari sari nanas, rum putih (disebut juga rum ringan), dan krim kelapa atau santan. Aslinya cara membuat pina colada menggunakan blender, semua bahan termasuk es batu dimasukkan kemudian dihaluskan.

Namun, sekarang pina colada juga bisa dibikin menggunakan shaker atau diaduk saja di gelas. Pina colada mengandung rum putih sehingga tergolong minuman beralkohol. Jenis rum yang digunakan untuk membuat pina colada cukup penting. Rum putih atau rum dengan warna terang memiliki rasa yang lebih netral dibandingkan rum gelap dan sebagian besar rum yang diproduksi di Puerto Riko. Pina colada dengan sari nanas, rum putih, dan krim kelapa adalah resep tradisional minuman ini.

Namun, ada juga gubahan resep bernama virgin pina colada atau pina colada tanpa alkohol. Resep virgin pina colada dari The Spruce Eats menggabungkan buah nanas, sari nanas, santan, dan brown sugar.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Apa Itu Pina Colada yang Dibikin Peserta MasterChef Season 11?", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/food/read/2023/09/03/184319875/apa-itu-pina-colada-yang-dibikin-peserta-masterchef-season-11.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm