Ilustrasi nasi putih.
Ilustrasi nasi putih. ( FREEPIK/KAMRANAYDINOV)

Apakah Sehat Makan Nasi Putih saat Sarapan? Begini Faktanya

4 September 2023 15:07 WIB

SonoraBangka.id - Sarapan nasi putih sudah menjadi kebiasaan sebagian besar orang Indonesia. Nasi memang bisa menjadi sumber karbohidrat yang membantu menyuplai energi untuk beraktivitas sehari-hari. Namun, nasi putih bisa memicu peningkatan kadar gula darah dengan cepat, terutama pada penderita diabetes dan resistensi insulin.

Lantas, amankah makan nasi putih saat sarapan?

Sebenarnya, nasi putih bisa menjadi menu sarapan yang sehat jika kita mengkonsumsinya dalam jumlah sedang dan memasaknya dengan cara yang tepat. Nasi bisa menjadi bagian dari menu diet sehat, asalkan dikonsumsi dalam jumlah sedang atau tidak berlebihan.

Di sisi lain, konsumsi nasi saja tanpa penunjang protein, lemak sehat, vitamin, dan mineral  juga bisa membuat kita kekurangan nutrisi jika kita tidak mengkombinasikannya dengan variasi menu lainnya. Perlu dipertimbangkan juga, nasi memang kaya karbohidrat, tapi rendah vitamin C yang penting untuk sistem kekebalan dan kesehatan kulit.

Manfaat nasi putih

Karena nasi pada dasarnya bebas gluten, nasi bisa menjadi pilihan sarapan bergizi bagi mereka yang menderita penyakit celiac atau sensitivitas gluten. Mereka yang menderita penyakit celiac atau sensitivitas gluten mungkin mengalami masalah pencernaan saat mengkonsumsi protein disebut gluten.

Beras dapat bermanfaat bagi kesehatan pencernaan, terutama bagi penderita masalah pencernaan seperti diare. Nasi mudah dicerna dan dapat membantu mengatur pergerakan usus. Selain itu, serat larut yang ditemukan dalam nasi dapat membantu memberi nutrisi pada bakteri menguntungkan di usus, yang penting bagi kesehatan pencernaan secara keseluruhan.

Cara sehat mengonsumsi nasi putih Seperti yang disebutkan sebelumnya, nasi bisa menjadi menu sarapan yang sehat jika dikonsumsi dalam jumlah tepat dan dimasak dengan cara yang benar. Selain itu, menu pendamping nasi yang kita konsumsi juga berpengaruh pada manfaatnya.

Cara terbaik untuk mengonsumsi nasi putih adalah dengan mengikuti pola makan bergizi lengkap dan seimbang. Berdasarkan pedoman ini, sekitar setengah piring Anda harus diisi dengan sayuran dan buah-buahan; seperempat piring Anda dengan protein seperti daging, ikan atau unggas; dan seperempatnya dengan biji-bijian seperti nasi putih.

Metode ini mendorong fleksibilitas dan keragaman nutrisi untuk dinikmati sekaligus membantu Anda mengonsumsi nasi putih dengan porsi yang tepat. Sajikan seperempat piring nasi putih dengan setengah piring bayam matang dan seperempat piring ikan bakar untuk santapan makan malam yang cepat dan seimbang.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Apakah Sehat Makan Nasi Putih saat Sarapan? Begini Faktanya...", Klik untuk baca: https://health.kompas.com/read/23I04073403768/apakah-sehat-makan-nasi-putih-saat-sarapan-begini-faktanya?page=all#page2.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm