Sony meluncurkan smartphone terbarunya, yaitu Sony Xperia 5 V. Smartphone tersebut datang dengan sensor kamera lebih besar dan dibanderol seharga 999 euro (Rp 16,4 jutaan)
Sony meluncurkan smartphone terbarunya, yaitu Sony Xperia 5 V. Smartphone tersebut datang dengan sensor kamera lebih besar dan dibanderol seharga 999 euro (Rp 16,4 jutaan) ( GSM Arena)

Sony Xperia 5 V Meluncur, Sensor Kamera Jadi Andalan

4 September 2023 17:08 WIB

SonoraBangka.ID - Sony resmi meluncurkan smartphone kelas atas alias flagship terbarunya, Sony Xperia 5 V. Ponsel ini  datang dengan sensor kamera utama yang lebih besar ketimbang pendahulunya dan dibekali chipset Snapdragon 8 Gen 2.

Sony Xperia 5 V memiliki dua sensor kamera belakang. Walau jumlah kameranya lebih sedikit ketimbang pendahulunya, Xperia 5 IV, hasil jepretan yang diambil diklaim lebih unggul dan maksimal.

Sony Xperia 5 V dilengkapi kamera utama beresolusi 52 MP dengan sensor berukuran 1/1,35 inci. Dengan ukuran sensor ini, Xperia 5 V diklaim dapat mengumpulkan lebih banyak cahaya sehingga hasil fotonya lebih apik.

Kamera keduanya adalah ultrawide 12 MP dengan sensor 1/2.5 inci. Kamera ini memiliki jarak fokus (focal length) 16 mm. Kendati spesifikasinya sama dengan Xperia 1 V dan Xperia 5 IV tahun lalu, kamera ultrawide tersebut sudah dilengkapi teknologi autofokus.

Kedua kamera dibenamkan ke dalam modul berbentuk lonjong dan ditemani lampu kilat LED (LED flash). LED flash bisa dimanfaatkan untuk membantu pencahayaan di kondisi minim cahaya atau foto di malam hari. Sementara itu, kamera depannya beresolusi 12 MP (sensor 1/2,9 inci).

Spesifikasi Sony Xperia 5 V

Sony Xperia 5 V datang dengan bentuk yang panjang tapi ramping. Tampilan perangkat ini terlihat simpel dan ringkas. Sebab, Xperia 5 V dirancang lebih ringan 11 gram dan sedikit lebih tebal dari pendahulunya.

Pada bagian layar, Sony Xperia 5 V memiliki layar OLED seluas 6,1 inci. Layar tersebut memiliki resolusi Full HD Plus (1.080 x 2.520 piksel) dan refresh rate 120 Hz.

Sony Xperia 5 V mengandalkan chipset besutan Qualcomm, Snapdragon 8 Gen 2 yang dipadu dengan RAM 8 GB dan ruang penyimpanan (storage) seluas 128 GB. Bila dirasa kurang, kapasitas penyimpanan ini bisa diperbesar melalui slot microSD.

Soal daya, Sony Xperia 5V dibekali baterai 5.000 mAh yang mendukung pengisian daya cepat. Pengisian daya diklaim dapat terisi 50 persen dalam waktu 30 menit menggunakan adaptor charger 30 watt.

Sistem operasi yang dijalankan adalah Android 13 dan dipoles dengan antarmuka (UI/User Interface) XperiaUI versi terbaru.

Fitur pendukungnya yang tersedia adalah jaringan konektivitas 5G, dual-SIM, e-SIM, Wi-Fi 6e, colokan jack audio 3,5 mm, stereo speaker, dan pemindai sidik jari yang terintegrasi dengan tombol daya.

Varian warna yang ditawarkan adalah Black, Blue, dan Platinum Silver.

Harga Sony Xperia 5 V

Sony Xperia 5 V dibanderol seharga 999 euro atau setara dengan Rp 16,5 jutaan (estimasi kurs Rp 16.439). Biasanya harga di wilayah Eropa lebih mahal dari wilayah lain.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Sony Xperia 5 V Meluncur, Sensor Kamera Jadi Andalan", Klik untuk baca: https://tekno.kompas.com/read/2023/09/02/11010027/sony-xperia-5-v-meluncur-sensor-kamera-jadi-andalan.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm