Trend pelek Agya(Stanly/Otomania)
Trend pelek Agya(Stanly/Otomania) ( KOMPAS.COM)

Pencurian Ban dan Pelek Kembali Terjadi, Ini Untuk Cara Pencegahannya

4 September 2023 18:12 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Pencurian pelek dan ban kembali meresahkan. Paling baru menimpa Toyota Calya berkelir hitam yang harus kehilangan kedua ban dan peleknya di area parkir. Bahkan mobil masih sempat diganjal batu oleh pelaku.

Unggahan tersebut dibagikan oleh akun Instagram bernama @ndorobei.official. Dalam rekaman yang itu terlihat mobil murah ramah lingkungan itu kehilangan kedua ban dan pelek saat parkir di kawasan Pasar Baru Kota Bandung, Jawa Barat.

“Hati-hati sekarang yang parkir di pasar baru, ada spesialis pencurian pelek mobil. Dua-duanya depan belakang dia angkat,” ucap pria dalam video tersebut.

Kejadian seperti ini memang bukan yang pertama kali, sebelumnya juga sempat beredar video mobil Toyota Rush dan Mitsubishi Xpander yang juga mengalami hal serupa.

On Vehicle Test PT Gajah Tunggal Tbk Zulpata Zainal mengatakan, pemilik mobil sebaiknya lebih berhati-hati. Apalagi kalau pencuri menggunakan alat impact wrench, sangat mudah untuk melepas ban.

Menurut Zulpata, ada beberapa hal yang bisa dilakukan pemilik mobil untuk mencegah pencurian. Namun, itu tidak bisa berkerja 100 persen, hanya sebagai pengulur waktu dan menyulitkan pencuri.

“Karena saat ini pencuri lebih canggih, tapi setidaknya ada langkah preventif yang bisa dilakukan pemilik kendaraan,” ucap Zulpata belum lama ini kepada Kompas.com.

Pertama, pemilik mobil bisa mengganti kepala nut dengan bentuk yang tidak lazim. Semisal bentuk kembang atau kotak dalam. Adapun harga untuk kepala nut bervariasi. Tapi rata-rata penjual membanderolnya mulai dari Rp 30.000 sampai Rp 100.000.

“Bila ingin lebih aman, bisa juga menggunakan nut yang terkunci. Model ini biasa digunakan untuk ban cadangan yang digantung di belakang mobil. Namun, ketika digunakan memang ada sedikit bunyi dan vibrasi,” kata dia.

Selanjutnya, bisa juga dengan mencoba aktifkan lagi alarm guncangannya. Jadi, ketika mobil tergoncang, sirene alarm akan berbunyi.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm