Kerja sama pengadaan charging station oleh Hyundai Motors Indonesia dengan Lippo Malls Indonesia(KOMPAS.com/Ruly Kurniawan)
Kerja sama pengadaan charging station oleh Hyundai Motors Indonesia dengan Lippo Malls Indonesia(KOMPAS.com/Ruly Kurniawan) ( KOMPAS.COM)

Rata-rata Durasi Untuk Pengisian Mobil Listrik di Mal Kurang dari Satu Jam

5 September 2023 21:28 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Chief Executive Officer PT Lippo Malls Indonesia, Henry Riady mengungkapkan, ternyata interval waktu yang dihabiskan para pemilik mobil listrik untuk mengisi dayanya di pusat perbelanjaan hanya kurang dari satu jam.

Hal tersebut karena pengunjung rata-rata cuma menambahkan daya pada kendaraan listrik-nya saja. Bukan melakukan pengisian secara penuh atau dari 0-100 persen yang butuh 3-5 jam.

"Kalau data pastinya, saya kurang tahu tetapi tak seperti yang kita bayangkan sebelumnya, di mana pengisian mobil listrik di mall itu sampai memakan waktu hingga 3 jam," kata dia saat ditemui di Jakarta, Selasa (5/9/2023).

"Soalnya mereka itu cuma top up saja, tidak datang dari nol persen. Biasanya, mereka cuma top up sembari lunch. Terakhir yang saya lihat, tidak lama-lama bahkan tidak sampai satu jam," tambah Henry.

Keadaan tersebut juga kemudian diperkuat dengan kapasitas daya suatu charging station yang semakin besar di pusat perbelanjaan. Pada fasilitas yang berada di bawah naungan Lippo Mall Indonesia saja, kapasitasnya berkisar di antara 22 kW sampai 50 kW.

"Jadi jauh lebih pendek dari yang kita perkirakan. Kalau di luar negeri kita lihat juga kan pendek-pendek ya durasinya. Sebab itu seperti kita cas HP aja, kita tidak tunggu sampai nol persen baru dicas," ujar Henry.

Hanya saja interval atau durasi pengisian daya mobil listrik di pusat perbelanjaan berbeda-beda tergantung padatnya pengunjung hingga kapasitas charging station yang tersedia.

"Kemudian kalau di perumahan, dekat sekolah-sekolah, biasanya lebih lama. Jadi tidak bisa dipukul rata untuk semua lokasi ya," kata dia.

Diketahui, Lippo Malls saat ini sudah mengoperasikan hingga 70-an pusat perbelanjaan di seluruh Tanah Air. Guna mendorong program percepatan elektrifikasi kendaraan bermotor nasional, perseroan pun berkerja sama dengan Hyundai untuk mengadirkan charging station.

Saat ini, tercatat sudah sekitar 10 lokasi pusat perbelanjaan dari Lippo Malls yang tersedia charging station. Ke depan bakal ditambah sekitar 52 titik lagi.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Rata-rata Durasi Pengisian Mobil Listrik di Mal Kurang dari Satu Jam", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2023/09/05/174100415/rata-rata-durasi-pengisian-mobil-listrik-di-mal-kurang-dari-satu-jam.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm