Ilustrasi air fryer.
Ilustrasi air fryer. ( Shutterstock/kamikaze85)

Apakah Masak dengan Air Fryer Bisa Menghemat Energi dan Uang?

5 September 2023 21:39 WIB

SonoraBangka.id - Air fryer merupakan alat memasak mirip dengan oven tetapi fungsinya untuk menggoreng makanan tanpa perlu minyak. Menggunakan sedikit atau tanpa minyak, air fryer bisa menjadi salah satu pilihan jika ingin memulai hidup sehat.

Selain itu, air fryer juga membutuhkan waktu yang singkat dalam memasak dibanding oven, kurang lebih 20 menit saja untuk menggoreng ayam. Simak penjelasan lebih lanjut apakah bisa memasak dengan air fryer menghemat energi dan uang berikut ini, dikutip dari Bbc.co.uk.

1. Cara kerja air fryer

Air fryer berukuran mirip dengan toaster, cara kerjanya meniupkan udara yang sangat panas dengan kecepatan tinggi ke seluruh makanan. Pada dasarnya mirip oven kipas tetapi ukurannya kecil dan kipas jauh lebih kuat.

2. Air fryer memasak lebih cepat dibandingkan oven konvensional

Air fryer lebih bertenaga dan kompartemen lebih kecil, keseluruhan perangkat menjadi lebih efisien untuk digunakan. Air fryer membutuhkan waktu sekitar 20 menit untuk menggoreng paha ayam, kalau di oven bisa lebih lama.  Namun, kapasitas air fryer lebih kecil dibanding oven, air fryer hanya bisa dibuat memasak dalam jumlah sedikit.

3. Lebih sehat dibandingkan menggoreng dengan minyak

Dibandingkan menggoreng jelas lebih sehat menggunakan air fryer yang tidak perlu minyak atau membutuhkan sedikit saja. Selain itu air fryer juga dapat memanggang bahkan mengukus tanpa menggunakan minyak sama sekali. Jadi lebih hemat dalam membeli minyak goreng di rumah.

4. Air fryer menggunakan lebih sedikit energi dibanding oven konvensional

Sebuah penelitian yang mencoba memasak ayam dengan menggunakan air fryer dan oven konvensional membuktikan bahwa memakai air fryer kurang dari setengah energi yang dibutuhkan untuk memasak ayam atau kentang goreng. Jadi memasak dengan oven membutuhkan biaya dua kali lipat dibandingkan dengan menggunakan air fryer. Namun, semua tergantung pada pemilihan daya watt dan voltase air fryer, kamu bisa memilih yang lebih rendah daya listriknya.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Bisakah Masak dengan Air Fryer Menghemat Energi dan Uang?", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/food/read/2023/09/05/070500475/bisakah-masak-dengan-air-fryer-menghemat-energi-dan-uang-.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm