Ilustrasi micin atau monosodium glutamate
Ilustrasi micin atau monosodium glutamate ( Shutterstock/suriya yapin)

Bisa Ganti dengan Ini, Berikut Cara Masak Enak Tanpa Micin

5 September 2023 21:46 WIB

SonoraBangka.id -  MSG atau micin sering digunakan dalam memasak untuk menghasilkan rasa umami. Bumbu ini umumnya ditambahkan ke dalam tumisan dan masakan berkuah.

Meski jumlahnya tak banyak, micin membuat makanan terasa gurih. Menurut Wiyono, koki di Nasi Liman, micin sebenarnya tidak wajib dipakai dalam masakan. 

"Sebetulnya dari dulu, nenek saya juga bilang, mereka enggak mengerti MSG. Kenapa kita tidak menghilangkan itu (micin), tetapi rasanya tetap enak," ujar Wiyono.

Sejumlah bumbu pengganti micin ia sarankan. Menurutnya, rasa umami juga bisa didapat dari kecap asin dan bawang putih. Kecap asin dan bawang putih bisa digunakan sebagai pengganti micin.

Tak ada perbedaan jumlah bumbu untuk mengganti micin dengan dua bumbu ini. Bawang putih harus dihaluskan terlebih dulu bila ingin mendapatkan rasa gurih dan aromanya yang sedap.

Sementara itu, Wiyono mengatakan, kecap asin paling cocok dijadikan bumbu utama dalam pembuatan chinese food. 

Rempah Lainnya

Dilansir dari Live Strong, bawang putih bukan satu-satunya bumbu yang bisa dijadikan pengganti micin. Ada juga merica, kunyit, jintan, dan rosemary yang dapat menambah rasa gurih sekaligus menjadi pengganti micin.

Namun, penggunaan bumbu ini bisa jadi tidak cocok untuk semua makanan karena akan menambahkan sensasi hangat. Beberapa jenis garam, seperti garam kosher, bamboo salt korea, dan garam hitam india, juga bisa menjadi alternatif micin.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Cara Masak Enak Tanpa Micin, Bisa Ganti dengan Ini", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/food/read/2023/09/04/160900375/cara-masak-enak-tanpa-micin-bisa-ganti-dengan-ini.
mp.im/plus6
Download aplikasi: https://kmp.im/app6

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm