Kereta cepat siap berangkat dari Stasiun Padalarang menuju Jakarta, Sabtu (2/9/2023). Waktu tempuh kereta cepat dari Padalarang ke Jakarta 25 menit dengan kecepatan maksimal 350 km per jam.
Kereta cepat siap berangkat dari Stasiun Padalarang menuju Jakarta, Sabtu (2/9/2023). Waktu tempuh kereta cepat dari Padalarang ke Jakarta 25 menit dengan kecepatan maksimal 350 km per jam. ( KOMPAS.com)

PM China Jajal Kereta Cepat Jakarta-Bandung

6 September 2023 08:08 WIB

SonoraBangka.ID - Perdana Menteri (PM) China Li Qiang akan menjajal Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB) pada Rabu (6/9/2023).

Hal itu disampaikan oleh Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan.

"Ini juga bukti nyata kerja sama berkualitas tinggi yang modern antara kedua negara," kata Luhut dalam siaran pers, Jakarta.

Luhut sudah bertemu dengan Li Qiang dalam agenda Indonesia-China Business Community Reception yang berlangsung di Shangri La, Jakarta, Selasa (5/9/2023).

Dalam acara itu, ia mengatakan kehadiran Li Qiang ke Indonesia tak hanya akan mendorong investasi China di Indonesia, tapi juga mendorong investor Tanah Air berinvestasi ke China.

"Dan saya yakin dengan kedatangan Perdana Menteri Li Qiang ke Indonesia akan menarik lebih banyak lagi kerja sama ekonomi, perdagangan dan investasi," ujarnya dikutip dari keterangan tertulis.

Sebelumnya, Wakil Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rosan Roeslani mengatakan sebelum kereta cepat diresmikan pada 1 Oktober 2023, akan lebih dulu dilakukan uji coba bersama Perdana Menteri China.

"Besok rencananya dari Prime Minister China dan juga bersama-sama dengan Pak Menko (Luhut) yang akan melakukan testing dari kereta api cepat pada tanggal 6 September," ujarnya dalam pers ASEAN-Indo Pacific Forum (AIPF) di JCC, Jakarta, Selasa (5/9/2023).

Rosan menuturkan, waktu uji coba kereta cepat yang akan dinaiki Luhut dan Li Qiang masih tentatif, namun kemungkinan dilakukan pada sore hari.

"Waktunya kurang lebih sore hari, tentatif. Waktunya akan ditentukan lebih mendalam lagi," kata dia.

Sementara itu, Dirjen Perkeretaapian Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Risal Wasal mengungkapkan, Kereta Cepat Jakarta-Bandung bakal diresmikan pada 1 Oktober 2023 oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Hari Ini, PM China Jajal Kereta Cepat Jakarta-Bandung", Klik untuk baca: https://money.kompas.com/read/2023/09/06/062354726/hari-ini-pm-china-jajal-kereta-cepat-jakarta-bandung.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm