Ilustrasi noda pakaian putih.
Ilustrasi noda pakaian putih. ( DOK.SHUTTERSTOCK/HalynaRom)

Ada Lemon, Berikut 5 Bahan Dapur untuk Bersihkan Noda Makanan di Baju

6 September 2023 14:37 WIB

SonoraBangka.id - Selain digunakan untuk memasak, bahan masakan yang satu ini bisa digunakan untuk membantu membersihkan noda pada pakaian. Kamu bisa membersihkan noda makanan yang membandel pada pakaian dengan beberapa bahan sederhana berikut ini. 

1. Cuka dan sabun cuci baju

Dilansir dari laman Spoon University, kamu bisa membersihkan noda saus tomat di baju yang mengering dengan campuran cuka dan sabun cuci baju Oleskan campuran bahan tersebut kemudian gosok bagian yang terkena noda, bilas hingga bersih dengan air mengalir.

2. Gunakan garam dan soda kue

Kamu juga bisa menyiapkan campuran garam dan soda kue. Oleskan pada noda di pakaian, diamkan selama 10 menit. Bilas dengan cuka dan air bersih, gosok perlahan hingga noda hilang.

3. Gunakan susu

Ada cara mudah menghilangkan noda cokelat yaitu dengan susu. Rendam noda pada susu kemudian tambah dengan sabun cuci piring. Diamkan selama 30 menit kemudian gosok.

4. Air perasan lemon

Dilansir dari laman The Spruce, gunakan air perasan lemon sebagai pemutih alami pada kain. Air lemon punya kandungan asam asetat yang bisa membuat putih pakaian secara mudah dan natural. Gunakan jenis jeruk lemon atau jeruk nipis untuk menghilangkan noda kuning pada ketiak di kain putih.

5. Garam meja Garam meja punya fungsi sebagai bahan abrasif ringan yang bisa digunakan untuk menghilangkan noda karat atau noda makanan yang belum membandel. Taburi noda dengan gram dapur dan gosok dengan sabun hingga noda hilang.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "7 Bahan Dapur untuk Bersihkan Noda Makanan di Baju, Ada Lemon", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/food/read/2023/09/06/131100375/7-bahan-dapur-untuk-bersihkan-noda-makanan-di-baju-ada-lemon.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm