Ilustrasi AC Mobil(Freepik/Dianabygu)
Ilustrasi AC Mobil(Freepik/Dianabygu) ( KOMPAS.COM)

Penyebab Untuk AC Mobil Tidak Dingin, Pasti Ada Kebocoran

6 September 2023 19:46 WIB

SONORABANGKA.ID - Merupakan Keluhan paling sering pemilik mobil ialah AC tidak dingin. Setelah AC tidak dingin biasanya pemilik mobil baru datang ke bengkel untuk memeriksa kondisinya.

Rastomo Yudho Hermawan, Kepala Cabang Bengkel Resmi AC Denso, PT Kikijaya Airconindo di Radio Dalam, Jakarta Selatan, mengatakan, alasan AC tidak dingin cuma satu yaitu ada kebocoran.

"AC tidak dingin sudah pasti ada kebocoran entah itu ada yang bocor atau kipas ada mati. Kalau kipas mati tetap panas, kecuali waktu jalan lancar baru kena angin dingin," ungkap Yudho kepada Kompas.com, Selasa (5/9/2023).

"Syarat utama AC tidak dingin pasti ada kebocoran. Freonnya," kata Yudho.

Yudho mengatakan, untuk menanggulangi masalah itu maka harus dicari sumber kebocorannya. Sebab bagian AC mobil cukup banyak berbeda dengan AC rumah.

"Bagian AC kan banyak, ada kondensor yang di depan dekat radiator, ada kompresor pompanya, ada pipanya sebagai penyambungnya, kemudian di dalam indoornya ada evaporator," kata Yudho.

"Caranya kompresor dipisah digerakkan oleh puli mesin, kondensor di depan untuk mendinginkan kemudian (dialirkan) oleh pipa-pipa, baru (kemudian) di dalam ada indoornya evaporator," katanya.

"Sebetulnya AC rumah sama AC mobil itu sama. Cuma AC rumah (model split) kan cuma ada outdoor dan indoor sama pipa, tapi kalau mobil karena bentuknya kecil jadi dibagi-bagi," ujarnya.

Yudho mengatakan, kalau AC tidak dingin maka hal pertama yang diperiksa ialah tekanannya, bila tekanan rendah maka tanda ada yang bocor namun jika tekanan normal maka baru beralih ke bagian lain.

"Pasti tekanan dulu. Ada tekanan low sama high, yaitu merah dan biru. High tekanan harus 200-250 kalau low itu 25-50 yang dianggap tekanannya normal. Kalau itu sudah normal cek evaporator," katanya.

"Kalau evaporator kotor banyak debu maka AC tidak dingin, sama seperrti AC rumah kalau kotor kan tidak dingin maka perlu dibersihkan," kata Yudho.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Penyebab AC Mobil Tidak Dingin, Pasti Ada Kebocoran", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2023/09/06/140100715/penyebab-ac-mobil-tidak-dingin-pasti-ada-kebocoran.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm