Biar tetap nyaman maka AC mobil juga perlu servis rutin sehingga siapapun yang berada di kabin akan betah.(KOMPAS.com/Gilang)
Biar tetap nyaman maka AC mobil juga perlu servis rutin sehingga siapapun yang berada di kabin akan betah.(KOMPAS.com/Gilang) ( KOMPAS.COM)

Ini Untuk Pengharum Alami buat Mobil, Cegah AC Mobil Bau

6 September 2023 21:22 WIB

SONORABANGKA.ID - Merupakan Pengharum kabin atau parfum mobil dituding menjadi salah satu penyebab utama AC mobil berbau. Bahan kimianya disebut membuat evaporator mudah berlendir sehingga timbul jamur atau lumut.

Rastomo Yudho Hermawan, Kepala Cabang Bengkel Resmi AC Denso, PT Kikijaya Airconindo di Radio Dalam, Jakarta Selatan, mengatakan, sudah sering memberikan edukasi ke pelanggan untuk berhenti menggunakan pengharum ruangan berjenis itu.

"Kalau pakai itu (pengharum) dibuang saja. Kita sebetulnya tidak pernah tahu, misal kita parkir di bawah terik matahari di kabin panas ada proses kimia di mana cairan itu menguap yang kita tidak tahu akan menempel di mana," katanya kepada Kompas.com, di Jakarta, Selasa (6/9/2023).

Sebagai gantinya kata Yudho, pemilik mobil bisa memakai pewangi alami dengan memakai bahan-bahan yang biasa ditemukan sehari-hari.

"Kalau saya sarankan pewangi yang natural. Misalnya biji kopi, kan banyak yang jual sekarang itu bukan kimiawi memang biji kopi atau yang tradisional punya pandan, rajang kemudian taruh di bawah jok. Natural," kata Yudho.

Yudho mengatakan, selain membuat AC berbau penggunaan pengharum ruangan secara masiff bisa berdampak pada kesehatan pengemudi dan penumpang di dalam mobil.

"Sebetulnya yang lebih dikhawatirkan itu masalah kesehatan. Jangan dikira itu tidak pengaruh di badan kita, ke paru-paru, waktu panas kemudian kita masuk ke mobil. Jangankan itu material pembentuk dasboard itu juga ada kimianya," katanya.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Ini Pengharum Alami buat Mobil, Cegah AC Mobil Bau ", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2023/09/06/172100715/ini-pengharum-alami-buat-mobil-cegah-ac-mobil-bau-.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm