Ilustrasi telur. Putih telur dianggap lebih sehat dibandingkan kuning telur. Dalam putih telur terkandung 90 persen air dan 10 persen protein.
Ilustrasi telur. Putih telur dianggap lebih sehat dibandingkan kuning telur. Dalam putih telur terkandung 90 persen air dan 10 persen protein. ( SHUTTERSTOCK/New Africa)

Berikut Ini 4 Cara Manfaatkan Putih Telur Sisa Bikin Kue

7 September 2023 06:56 WIB

SonoraBangka.id -  Saat membuat kue terkadang hanya membutuhkan kuning telur saja, menyisakan putih telur. Sisa putih telur tersebut jangan dibuang, kamu bisa membuat beragam kudapan dari putih telur seperti puding, kue kering, dan masakan tumis. Simak cara manfaatkan putih telur sisa bikin kue, dikutip dari majalah "Sedap / SEP 2012" (2012) karya Sedap terbitan PT Gramedia Pustaka Utama.

1. Dibuat Cake

Putih telur sisa membuat kue dapat dijadikan cake seperti sponge cake, chiffon cake, dan brownis yang tidak memerlukan kuning telur.

2. Dibuat kue kering

Kue kering populer seperti lidah kucing menggunakan putih telur yang lebih banyak. Selain itu putih telur membuat kue kering renyah dan bertekstur unik.

3. Dibuat puding

Puding busa yang lembut dibuat dari putih telur dipadukan dengan agar-agar. Puding busa dapat ditambahkan rasa menjadi cokelat, strawberry, dan santan.

4. Dibuat masakan Putih telur bisa dibekukan dengan cara dikukus di dalam pengukus yang dipanaskan di atas api kecil. Putih telur beku dapat dibuat berbagai masakan, yaitu pepes, sop, tumisan, dan gadon.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "4 Cara Manfaatkan Putih Telur Sisa Bikin Kue", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/food/read/2023/09/06/220300875/4-cara-manfaatkan-putih-telur-sisa-bikin-kue.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm