Ilustrasi pisang.
Ilustrasi pisang. ( Times of India))

Biasa Dikonsumsi Saat Diet, Berikut 8 Manfaat Pisang untuk Kesehatan

7 September 2023 07:02 WIB

SonoraBangka.id - Pisang termasuk buah yang mudah ditemukan di Indonesia. Harganya juga beragam, mulai dari murah hingga mahal, tergantung kualitasnya. Pisang mengandung serat tinggi dan banyak nutrisi lain, seperti vitamin C, vitamin B, hingga kalium. Pisang juga tidak mengandung lemak dan tinggi karbohidrat. Buah ini memiliki sejumlah manfaat kesehatan yang baik untuk tubuh, seperti dilansir Healthline.

1. Membantu penurunan berat badan

Pisang mengandung kalori rendah dengan gizi tinggi dan mengenyangkan. Tak heran bila buah ini biasa dikonsumsi saat diet. Pisang juga mengandung serat dan pati resisten yang membantu perut merasa kenyang lebih lama sehingga menjaga porsi makan.

2. Meningkatkan kadar gula darah

Jenis serat yang tinggi dalam pisang adalah serat larut. Kandungan ini membantu melancarkan pencernaan. Sementara itu, pisang mentah mengandung pati resisten atau serat yang tidak dapat dicerna tubuh. Kedua jenis serat tersebut membantu mengontrol kadar gula darah setelah makan dan memperlambat pengosongan perut.

3. Menjaga kesehatan pencernaan

Pati resisten termasuk prebiotik. Kandungan ini akan berakhir di usus besar dan menjadi makanan bagi bakteri baik di usus atau probiotik. Kandungan lainnya, seperti pektin dalam pisang matang dan mentah, juga dapat membantu mencegah sembelit dan melunakkan tinja.

4. Menjaga kesehatan jantung

Pisang mengandung kalium. Kalium merupakan mineral penting untuk kesehatan jantung dan mengontrol tekanan darah. Selain itu, buah ini juga mengandung potasium yang baik, sekitar 10 persen dari kebutuhan harian. Kalium dapat membantu menurunkan tekanan darah dan mengurangi risiko hipertensi. Lalu, magnesium dapat menjaga kesehatan jantung.

5. Mengandung antioksidan

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm