Biar tetap nyaman maka AC mobil juga perlu servis rutin sehingga siapapun yang berada di kabin akan betah.(KOMPAS.com/Gilang)
Biar tetap nyaman maka AC mobil juga perlu servis rutin sehingga siapapun yang berada di kabin akan betah.(KOMPAS.com/Gilang) ( KOMPAS.COM)

Kesalahan dari Pemilik Mobil, Penyebab Kompresor AC Rusak

7 September 2023 21:55 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Sering terjadi pemilik mobil datang ke bengkel untuk tambah freon agar AC kembali dingin. Tapi tambah freon saja tidak cukup jika tidak ganti atau isi oli.

Rastomo Yudho Hermawan, Kepala Cabang Bengkel Resmi AC Denso, PT Kikijaya Airconindo di Radio Dalam, Jakarta Selatan, mengatakan, biasakan untuk tambah oli AC setiap tambah freon AC.

"Biasanya kalau AC tidak dingin kemudian apa yang dilakukan yaitu isi freon. Tapi dia (pemilik mobil) lupa satu hal yaitu isi oli. AC ada olinya, oli AC untuk melumaskan kompresor," ujar Yudho kepada Kompas.com, Rabu (6/9/2023).

Yudho menjelaskan, AC tidak dingin maka sudah pasti ada kebocoran dalam salurannya. Namun yang terjadi sering kali pemilik mobil hanya datang ke bengkel minta tambah freon bukan mencari akar masalahnya.

"Isi freon tanpa oli, yang tadinya cuma bocor jadi harus ganti kompresor," kata Yudho.

"Kenapa kalau AC tidak dingin kemudian dibiarkan saja jadi merembet itu penyebabnya. Taruhlah kalau dia (pemilik mobil) mau ganti freon plus oli," ujar Yudho.

Yudho mengatakan, bila AC tidak dingin maka hal pertama yang diperiksa ialah tekanannya, kalau tekanan rendah, maka tanda ada yang bocor tapi kalau tekanan normal maka kemudian beralih ke bagian lain.

"Pasti tekanan dulu. Ada tekanan low sama high, yaitu merah dan biru. High tekanan harus 200-250 kalau low itu 25-50 yang dianggap tekanannya normal. Kalau itu sudah normal cek evaporator," katanya.

"Kalau evaporator kotor banyak debu maka AC tidak dingin, sama seperti AC rumah kalau kotor kan tidak dingin, maka perlu dibersihkan," kata Yudho.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Kesalahan Pemilik Mobil, Penyebab Kompresor AC Rusak", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2023/09/07/170348215/kesalahan-pemilik-mobil-penyebab-kompresor-ac-rusak.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm