Kemenaker Anwar Sanusi dalam acara Ministerial Lecture 2023 mengimbau kaum muda untuk tingkatkan soft skill dan personal branding dalam dunia kerja.
Kemenaker Anwar Sanusi dalam acara Ministerial Lecture 2023 mengimbau kaum muda untuk tingkatkan soft skill dan personal branding dalam dunia kerja. ( KOMPAS.com)

Pekerjaan Digital Kian Diminati, Kemenaker Minta Mahasiswa Kembangkan Soft Skill dan Personal Branding

8 September 2023 16:25 WIB

SonoraBangka.ID - Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kementerian Ketenagakerjaan (Kemenaker) Anwar Sanusi meminta mahasiswa untuk mengembangkan soft skill guna menghadapi era digitalisasi.

"Digitalisasi akan berdampak pada peningkatan dan penurunan jenis pekerjaan tertentu," ujar Anwar, Jumat (8/9/2023).

Hal tersebut disampaikan Anwar dalam acara Ministerial Lecture bertajuk "Booming Gigs Economy: Perubahan, Ketidakpastian, dan Masa Depan Tenaga Kerja Muda" yang digelar di Universitas Brawijaya, Malang, Jumat (8/9/2023).

Anwar menjelaskan, seiring perkembangan zaman, pekerjaan berbasis digital terus meningkat. Sejumlah pekerjaan digital, seperti data analyst and scientist, big data specialist, digital marketer, serta database architect masuk kategori pekerjaan yang punya banyak peminat.

"Saat ini pekerjaan yang bersifat klerikal dan rutin peminatnya menurun, seperti kasir, sekretaris, data entry, dan teller," kata Anwar.

Oleh karenanya, Anwar meminta mahasiswa untuk menyiapkan soft skill, seperti pemikiran analitis dan inovatif, pembelajaran aktif dan strategi pembelajaran, problem solving, analisis yang kritis, kreativitas, serta leadership. Semua skill ini sangat diperlukan dalam dunia kerja.

"Tenaga kerja muda dan kalangan mahasiswa harus aktif berpartisipasi dalam berbagai komunitas seperti komunitas desain komunikasi visual, keterampilan kontemporer, content creator, YouTuber, video blogger (vlogger), dan lain sebagainya," jelas Anwar.

Dia pun meminta mahasiswa untuk terus mempersiapkan diri menghadapi persaingan dunia kerja. Salah satunya dengan membangun komunikasi, profesionalitas, dan personal branding di lingkungan kerja.

Lebih lanjut, ia memaparkan empat program prioritas Kemnaker yang ditujukan untuk tenaga kerja muda yang terdiri dari talent scouting, talent fest, talent corner, dan talent class.

Tak hanya itu, Kemnaker telah mempersiapkan program Sistem Informasi dan Aplikasi Pelayanan Ketenagakerjaan (SIAP Kerja) dan Satu Data Ketenagakerjaan (SDK) sebagai ekosistem digital ketenagakerjaan untuk kaum muda.

"Saya harap mahasiswa lulusan Universitas Brawijaya dapat diterima di pasar kerja karena sudah capable untuk berkompetisi dalam pasar kerja," imbuh Anwar.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Pekerjaan Digital Kian Diminati, Kemenaker Minta Mahasiswa Kembangkan Soft Skill dan Personal Branding", Klik untuk baca: https://money.kompas.com/read/2023/09/08/150349226/pekerjaan-digital-kian-diminati-kemenaker-minta-mahasiswa-kembangkan-soft.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm