Kim Jong Un
Kim Jong Un ( BBC INDONESIA )

Korea Utara Luncurkan Kapal Selam Bersenjata Nuklir, Ingin Tandingi Amerika Serikat!

9 September 2023 08:40 WIB

SonoraBangka.id - Akhirnya Korea Utara meluncurkan Kapal Selam Bersenjata Nuklir, seakan ingin menandingi Amerika Serikat.

Ya, setelah dikembangkan beberapa tahun terkahir, Korea Utara pada Jumat (8/9/2023), mengumumkan telah meresmikan dan memberi nama kapal selam bersenjata nuklir mereka.

Berdasarkan laporan dari Associated Press, pemimpin Korea UtaraKim Jong Un, menyebutnya sebagai langkah krusial dalam upaya membangun angkatan laut bersenjata nuklir untuk menandingi Amerika Serikat (AS) dan sekutu-sekutunya di Asia.

Kantor berita Korea Utara, Korean Central News Agency atau KCNA, menyatakan kapal tersebut, yang diberi nama "Pahlawan Kim Kun Ok" - dirancang mampu meluncurkan senjata nuklir taktis dari bawah air.

Namun, tidak disebutkan jumlah senjata nuklir yang dapat dibawa dan ditembakkan.

Pejabat Korea Selatan meragukan kapal selam itu akan berfungsi seperti yang dijelaskan Korea Utara dan mengatakan ada kemungkinan kapal selam tersebut belum siap untuk menjalankan tugas operasional.

Namun, pengembangan kapal selam ini menunjukkan bagaimana Korea Utara terus memperluas jangkauan gudang senjatanya dengan sistem yang lebih sulit untuk dihancurkan sebelumnya.

Berdasarkan komentar Kim Jong Un dan foto-foto media negara Korea Utara, kapal selam itu diduga sama dengan yang diperiksa oleh Kim pada 2019 saat sedang dalam pembangunan.

Saat itu, kapal tersebut dievaluasi oleh para ahli sebagai upaya untuk mengubah kapal selam kelas Romeo yang sudah ada. 

Kapal selam tersebut tampaknya setidaknya dilengkapi 10 tabung peluncuran, empat di antaranya tampak lebih besar dari enam lainnya, yang mungkin dirancang untuk peluncuran misil.

SumberBangkapos.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm