Banyak pengendara motor yang masih nekat lawan arah di putaran Gardu, sebelum Universitas Pancasila, Lenteng Agung(Kompas.com/Sendy)
Banyak pengendara motor yang masih nekat lawan arah di putaran Gardu, sebelum Universitas Pancasila, Lenteng Agung(Kompas.com/Sendy) ( KOMPAS.COM)

Pentingnya Untuk Menggunakan Pakaian yang Pas Saat Berkendara Motor

9 September 2023 21:25 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Poin keselamatan berkendara tidak hanya sebatas cara teknik mengemudi baik dan menaati aturan, kesesuaian pakaian alias apparel pendukung juga tidak kalah penting.

Sayangnya, kesadaran mayoritas pengendara motor soal kelengkapan aparatus keamanan dan keselamatannya masih kurang, baik helm maupun pakaian pelengkap lainnya.

Jovand, Sales Head RCW Dainese Indonesia, menjelaskan, isu keselamatan tampaknya masih belum menjadi fokus utama pengendara. Hal itu tecermin dari minimnya pakaian standar berkendara yang digunakan.

“Buat referensi, kalau kita lihat di negara-negara Eropa atau Amerika, pengendara motor selalu pakai apparel full body. Padahal, di sana pemotornya terbilang sedikit, kalau diadu dengan Indonesia,” ucapnya kepada Kompas.com di Jakarta, Jumat (8/9/2023).

Menurutnya, pakaian pengaman tidak wajib berkualitas tinggi dengan banderol premium. Pengendara bisa memakai pelindung tambahan berupa jaket tebal, celana panjang, sarung tangan, serta sepatu menutup mata kaki.

Perlengkapan tersebut diklaim mampu memberikan perlindungan lebih, dan jauh lebih aman dibandingkan pakaian polos. Jovand menambahkan, hal itu juga bisa sangat meminimalisasi risiko luka fatal yang diakibatkan kecelakaan.

Jovand juga sempat membagikan pengalamannya, yang baru-baru ini terlibat kecelakaan kecepatan tinggi, di mana motor sport miliknya ditabrak pengendara lain.

Beruntungnya, dia yang saat itu menggunakan helm serta jaket tebal dan celana jeans, berhasil selamat dari maut.

“Jaket saya robek, jeans saya bolong, helm juga pecah. Ada luka memar dan lecet sedikit, tapi coba gimana jadinya semisal saya tidak pakai jaket? Bisa-bisa hancur semua badan,” ucapnya sembari bercerita.

Berkaca dari situasi tersebut, Jovand mengimbau pengendara motor untuk selalu mengedepankan aspek safety riding saat berkendara, minimal dengan cara menggunakan apparel pelindung yang sesuai.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Pentingnya Menggunakan Pakaian yang Pas Saat Berkendara Motor", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2023/09/09/092200615/pentingnya-menggunakan-pakaian-yang-pas-saat-berkendara-motor.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm