Kebakaran terjadi di sebuah gudang penyimpanan alat-alat tambang timah di Dusun II, Desa Belolaut, Kecamatan Mentok, Kabupaten Bangka Barat, Senin (11/9/2023).
Kebakaran terjadi di sebuah gudang penyimpanan alat-alat tambang timah di Dusun II, Desa Belolaut, Kecamatan Mentok, Kabupaten Bangka Barat, Senin (11/9/2023). ( Ist)

Gudang Penyimpanan Alat Tambang di Desa Belolaut Bangka Barat Hampir Hangus Dilalap Api

11 September 2023 14:01 WIB

SonoraBangka.id - Bangunan gudang penyimpanan alat-alat tambang timah di Dusun II, Desa Belolaut, Kecamatan Mentok, Kabupaten Bangka Barat, Provinsi Bangka Belitung, hampir ludes terbakar, Senin (11/9/2023) sekitar pukul 10.30 WIB.

Kebakaran terjadi diduga korselting listing di dalam gudang dan percikan api dari colokan lampu itu jatuh ke kasur sehingga menyebabkan kepulan asap dan api seketika membesar.

Beruntung kejadian itu, tidak ada korban jiwa.

Berdasarkan pantauan Bangkapos.com lapangan gudang berlantai dua hampir ludes.

Di lantai dasar tidak ada bekas kebakaran.

Sedangkan di lantai dua yang berdinding papan tampak berwarna hitam akibat dilalap sijago merah dan beberapa jendela kaca pecah serta serta barang yang mudah terbakar habis.

Pemilik Gudang, Hairul (53) Warga Dusun II, Desa Belolaut, Kecamatan Mentok menduga api yang hampir menghanguskan gudangnya disebabkan korselting listrik.

"Diduga korselting listrik dari atas api jatuh ke kasur springbed asap langsung ngebul dan langsung di siram oleh anak anak, tapi tidak padam sehingga kami minta bantu warga dan damkar," ungkap Hairul, Senin (11/9/2023).

Kebakaran terjadi di sebuah gudang penyimpanan alat-alat tambang timah di Dusun II, Desa Belolaut, Kecamatan Mentok, Kabupaten Bangka Barat, Senin (11/9/2023).
Kebakaran terjadi di sebuah gudang penyimpanan alat-alat tambang timah di Dusun II, Desa Belolaut, Kecamatan Mentok, Kabupaten Bangka Barat, Senin (11/9/2023). (Ist)

Sebelum damkar datang lanjut Hairul, masyarakat mencoba memadamkan api dengan mesin robin. Namun belum juga padam. 

"Setelah disiram oleh warga, pihak damkar baru datang dan langsung memadamkan apinya. Kurang lebih 1 jam api berhasil dipadamkan," kata Hairul.

Menurut Hairul, karena hubungan arus pendek dan menyebabkan percikan api, api cepat merembet menghantam kasur dan barang yang mudah terbakar di dalam ruangan tersebut.

"Akibatnya 2 springbed dan 2 kasur gulung yang habis, karena gudang ini kosong tidak ada yang nempatin itu la api cepat besar. Hanya ada alat tambahan pasir timah di dalamnya," ucapnya.

Diketahui sebelumnya, kebakaran juga terjadi di Kecamatan Mentok, pertama api sebuah rumah warga di Kampung Sinar Menumbing, Desa Air Belo, Mentok, terbakar Senin (11/9/2023) pagi.


Artikel ini telah tayang di BangkaPos.com dengan judul Api Hampir Menghanguskan Gudang Penyimpanan Alat Tambang di Desa Belolaut Bangka Barat, https://bangka.tribunnews.com/2023/09/11/api-hampir-menghanguskan-gudang-penyimpanan-alat-tambang-di-desa-belolaut-bangka-barat.

SumberBangkapos.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm