Cengkih memiliki seribu manfaat, selain bisa digunakan mengobati sakit gigi, cengkih juga bisa digunakan meredakan flu dan sakit kepala.
Cengkih memiliki seribu manfaat, selain bisa digunakan mengobati sakit gigi, cengkih juga bisa digunakan meredakan flu dan sakit kepala. ( Unsplash/Jaspreet Kalsi)

Berikut Ini 3 Jenis Cengkih dan Manfaatnya untuk Tubuh

12 September 2023 18:26 WIB

SonoraBangka.id - Bagi pencinta masakan atau minuman Indonesia, mungkin tidak asing dengan salah satu jenis rempah yang satu ini. Cengkih banyak digunakan sebagai bumbu penyedap atau seduhan minuman dengan segudang manfaat baik untuk tubuh.  Di Indonesia, cengkih punya penyebutan berbeda di beberapa daerah.

Seperti wung lawang di Bali, sake di Nias, dan Gonode di Halmahera, menurut dalam buku "SEHAT & CANTIK ALAMI BERKAT KHASIAT BUMBU DAPUR" (2013) oleh Nia Kurniawati terbitan Mizan.  Dalam buku tersebut juga menjelaskan, jenis-jenis cengkih dan manfaatnya yang menarik untuk diketahui.

Jenis cengkih

Dilansir dalam buku yang sama, Menurut Prof. Dr. Ir. Tojib Hadiwidjaja, ada tiga jenis cengkih yang biasa ditanam di Indonesia.  Pertama, ada jenis cengkih bernama siputih. Ciri dari siputih ini berdaun kuning dengan helaian lebar. Ada dua cabang daun dan dahannya.

Bunga dari cengkih yang satu ini berwarna kuning.  Selanjutnya adalah sikotok. Jenis cengkih yang kedua ini memiliki daun hijau tua atau kehitaman. Bunganya berwarna kuning dengan sedikit sentuhan warna merah. Biasanya, bunganya akan membentuk rumpun sebanyak 20-50 bunga.  Ketiga adalah zanzibar. Umumnya, jenis cengkih ini mudah ditemui di Maluku. Buah cengkih yang sudah tua akan berbentuk bulat panjang. 

Manfaat cengkih untuk tubuh

Setelah mengetahui jenis cengkih, ada baiknya untuk mengetahui lebih banyak seputar kandungan baik dalam cengkih. Seperti, cengkih memiliki minyak asiri yang bisa menghilangkan bau napas dan meredakan sakit gigi. 

Selain itu, minyak pada cengkih juga bisa memperkuat lendir usus dan lambung. Kelebihannya lagi adalah bisa menambah jumlah sel darah putih dalam tubuh.  Dalam pengobatan tradisional China, cengkih dikenal karena rasanya yang hangat dan aromanya yang menggugah selera. Oleh karena itu sering digunakan sebagai obat tradisional. 

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "3 Jenis Cengkih dan Manfaatnya untuk Tubuh", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/food/read/2023/09/12/121700575/3-jenis-cengkih-dan-manfaatnya-untuk-tubuh.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm