Motor listrik patugas kepolisian Zero DSR(Kompas.com/Nanda)
Motor listrik patugas kepolisian Zero DSR(Kompas.com/Nanda) ( KOMPAS.COM)

Satgas Polusi Udara Akan Menggunakan Kendaraan Listrik

14 September 2023 18:44 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Sebagai upaya mengkampanyekan udara bersih bebas emisi kendaraan, Satuan Tugas Polusi Udara Polda Metro Jaya, mengaku akan menggunakan mobil dan motor listrik untuk kendaraan patroli.

Rencana ini sudah didiskusikan sejak beberapa waktu lalu, dan diharapkan bisa terealisasi. Hal ini juga dianggap sebagai sayembara yang baik untuk masyarakat.

Kepala Satgas Polusi Udara Polda Metro Jaya, Kombes Nurcholis menjelaskan, proses peralihan ini tentu membutuhkan waktu agar terealisasi, tapi sudah ada upaya yang dilakukan.

“Betul itu (peralihan kendaraan listrik) memang direncanakan, masuk ke perencanaan jangka menengah dan jangka panjang,” ucapnya kepada Kompas.com, Selasa (12/9/2023).

Dia optimistis, rencana ini bisa terealisasi secepat-cepatnya pada akhir tahun 2023, atau pada awal tahun 2024 mendatang.

Sembari menunggu, Nurcholis akan melakukan sayembara dalam bentuk lain, berupa edukasi emisi untuk masyarakat pengguna jalan.

“Kita (Polisi) lebih kepada pendekatan persuasif dan edukatif, kaitannya dengan masalah uji emisi ini. Serta pembinaan kesadaran kepada masyarakat,” kata dia.

Untuk diketahui, usulan peralihan kendaraan patroli menjadi jenis listrik juga disampaikan Korps Lalu Lintas (Korlantas). Hal ini ditujukan untuk mendukung udara bersih bebas polusi.

Kakorlantas Polri Irjen Firman Shantyabudi menjelaskan, usulan ini tentunya akan disesuaikan dengan jumlah anggaran yang tersedia.

“Kita juga merencanakan nanti kendaraan staf kita memakai mobil listrik ini. Tapi nanti tergantung anggaran yang akan tersedia berapa, tapi yang pasti dukungan terhadap udara yang bersih, go green yang selama ini kita ini harus dimulai dari kita pemerintah,” ucapnya dikutip dari NTMC Polri, Rabu (13/9/2023).

Firman melanjutkan, usulan yang tergantung dengan anggaran tersebut juga sejalan dengan komitmen pemerintah dan pimpinan terkait pengalihan kendaraan berbahan bakar fosil menjadi listrik.

“Jadi selaku bagian dari pemerintah, imbauan-imbauan dari bapak pimpinan kemarin sudah dijelaskan dari forum-forum kita rapat rapat, selain konversi kendaraan-kendaraan berbahan bakar fosil ke listrik,” kata Firman.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Satgas Polusi Udara Akan Pakai Kendaraan Listrik", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2023/09/14/081200715/satgas-polusi-udara-akan-pakai-kendaraan-listrik.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm