Booth Motor Sight (KOMPAS.com/ JANLIKA PUTRI)
Booth Motor Sight (KOMPAS.com/ JANLIKA PUTRI) ( KOMPAS.COM)

Tantangan Untuk Ekosistem Truk Tambang Listrik

14 September 2023 19:46 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Tren kendaraan listrik makin menanjak dengan merambah ke berbagai jenis kendaraan, termasuk kendaraan tambang.

Situasi ini sejalan dengan sejumlah merek atau produsen truk tambang yang merancang produk berbasis listrik.

Bahkan, sejumlah truk listrik untuk kegiatan pertambangan kini sedang dipromosikan oleh sejumlah produsen kendaraan berat di beberapa negara.

Mohammad Rosyid Setiadi, General Manager PT Motor Sights Internasional mengatakan, ada sejumlah tantangan untuk mengembangkan ekositem truk listrik di Indonesia. Misalnya seperti harga pasaran truk tambang listrik yang masih belum menarik bagi pasar.

Sebab, kendati produsen sudah bisa membuat truk tambang listrik, tapi harga masih belum bersahabat untuk pasar.

" Trennya sekarang memang ke arah sana. Pabrik kita sudah mampu membuat truk tambang listrik. Hanya saja untuk di datangkan ke Indonesia saat ini masih harus impor. Bila ingin menekan harga jual perlu dilakukan perakitan dalam negeri. Makanya kita punya rencana CKD (Completely Knocked Down) dan punya pabrik perakitan di sini yang komprehensif,” kata Rosyid di IEE Series 2023, Rabu (13/9/2023).

Ketersediaan infrastruktur seperti stasiun pengisian daya juga menjadi menjadi tantangan untuk mengembangkan tren truk listrik di Indonesia. Lalu, ketahanan dari baterai yang digunakan juga masih jadi pertimbangan. 

“Medan tambang punya kontur jalan yang berat. Maka ada kekhawatiran bila baterai menghantam jalan rusak akan menganggu masa pakai. Hingga saat ini baterai masih jadi komponen utama yang membuat kendaraan listrik jadi mahal, termasuk truk listrik,” kata Rosyid.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Tantangan Ekosistem Truk Tambang Listrik ", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2023/09/14/084200515/tantangan-ekosistem-truk-tambang-listrik-.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm