Ujian praktik SIM C1 di lintasan baru menggunakan moge Hunter Scrambler 500. Tidak lagi limbung karena pola zig-zag dan angka 8 dihapus(Kompas.com/Daafa Alhaqqy)
Ujian praktik SIM C1 di lintasan baru menggunakan moge Hunter Scrambler 500. Tidak lagi limbung karena pola zig-zag dan angka 8 dihapus(Kompas.com/Daafa Alhaqqy) ( KOMPAS.COM)

Penerapan untuk SIM CI Masih Tunggu Anggaran Pemerintah

14 September 2023 20:57 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri telah melakukan uji coba penerbitan SIM CI untuk motor berkapasitas 250-500 cc. Sebagai awalan, penerbitan SIM CI dilakukan di Satpas SIM prototipe.

Meskipun sudah dilakukan uji coba, penerapan SIM CI secara nasional rupanya tak kunjung dilakukan. Salah satunya karena belum semua Satpas memiliki fasilitas yang lengkap untuk melakukan uji praktik dan uji teori.

“Kan sudah kami uji coba (SIM CI), kami perbaiki lagi,” ujar Dirregident Korlantas Polri Brigjen Pol Yusri Yunus di Jakarta, Rabu (13/9/2023).

“Praktiknya sudah bagus. Kan pelan-pelan dulu kami (penyebarannya). Di Polda Metro sudah (uji coba), Cirebon sudah,” kata dia.

Yusri mengatakan, salah satu ganjalan penerapan adalah soal pengadaan unit tes praktik. Seperti diketahui, SIM CI diperuntukkan buat motor besar berkapasitas 250-500 cc.

“Motornya kami lagi tunggu anggarannnya, mudah-mudahan turun. Beli motor banyak, ada 468 Satpas,” kata Yusri.

“Jadi harus saya siapkan berapa itu? Minimal dua (per Satpas) saja berarti sudah 1.000 unit. 1.000 unit dikali itu saja sudah berapa. Tunggu anggaran dari pemerintah nanti,” ujarnya.

Sebelumnya dikabarkan Korlantas Polri telah mendistribusikan 132 unit motor untuk ujian pembuatan SIM CI ke berbagai Kepolisian Daerah (Polda) seluruh Indonesia.

Walau begitu, penyebaran unit tes praktik SIM CI ini baru dilakukan di beberapa Satpas prototipe, seperti di Polda Metro Jaya, Polda Jawa Barat, Polda Jawa Tengah, dan beberapa Polda lainnya.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Penerapan SIM CI Masih Tunggu Anggaran Pemerintah", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2023/09/14/110200815/penerapan-sim-ci-masih-tunggu-anggaran-pemerintah.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm