Ilustrasi penyakit kaki gajah
Ilustrasi penyakit kaki gajah ( TribunnewsBogor.com/Damanhuri )

Penyakit Menular Lewat Nyamuk, Ada 90 Orang Bangka Belitung Terindakasi Indap Kaki Gajah

16 September 2023 08:12 WIB

SonoraBangka.id - Tahun 2023 ini, kasus klinis kronis filariasis atau penyakit kaki gajah di Bangka Belitung mencapai 90 kasus. Bagaimana penanganan kasus tersebut.

Kepala Seksi Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular (P2P) Dinas Kesehatan (Dinkes) Babel, Evalusi, menjelaskan penyakit kaki gajah atau filariasis disebabkan oleh infeksi cacing jenis filaria di pembuluh getah bening.

Berdasarkan data Dinas Kesehatan Provinsi Bangka Belitung (Babel),  ada 90 kasus klinis kronis filariasis atau penyakit kaki gajah pada 2023 (Januari -September).

Dengan rincian sebaran Bangka 9 kasus, Belitung 16 kasus, Bangka Barat 21 kasus, Bangka Tengah 10 Kasus, Bangka Selatan 17 kasus, Belitung Timur 15 kasus dan Kota Pangkalpinang 2 kasus.

Kepala Seksi Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular (P2P) Dinas Kesehatan (Dinkes) Babel,  Evalusi mengatakan obat-obatan untuk penanganan ini tersedia dan didukung oleh Kementerian Kesehatan.

"Pengobatan pasien filariasis bertujuan untuk mencegah infeksi bertambah buruk dan menghindari komplikasi filariasis. Untuk mengurangi jumlah parasit dalam tubuh, pasien dapat mengonsumsi obat cacing, seperti ivermectin, albendazole, diethylcarbamazine sesuai tatalaksana kasus filariasis yang sudah ditetapkan," ujar Evalusi, Jumat (15/9/2023).

Dia menyebutkan setelah diberikan obat-obatan tersebut, cacing penyebab kaki gajah akan mati.

Pembengkakan kelenjar getah bening mereda dan aliran getah bening kembali lancar.

"Bila filarisis sudah menimbulkan pembengkakan di tungkai dan kaki, ukurannya tidak dapat kembali seperti semula," katanya. 

Namun, ada beberapa hal yang dapat dilakukan untuk menjaga kebersihan kaki yang bengkak, antara lain istirahatkan tungkai dan selalu jaga posisi tungkai lebih tinggi, saat duduk atau berbaring, Gunakan stocking kompres, sesuai anjuran dokter.

SumberBangkapos.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm