Perbandingan harga BBM di SPBU Pertamina, Shell, Vivo, dan BP-AKR per 1 September 2023. (KOMPAS.com/Nur Jamal Sha'id)
Perbandingan harga BBM di SPBU Pertamina, Shell, Vivo, dan BP-AKR per 1 September 2023. (KOMPAS.com/Nur Jamal Sha'id) ( KOMPAS.COM)

Perbedaan SPBU Pertamina Warna Merah, Biru serta Hijau

16 September 2023 19:50 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Seperti yang telah diketahui, Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) merupakan tempat kendaraan bermotor roda dua, roda empat atau lebih untuk mengisi bahan bakar.

SPBU di Indonesia memiliki beberapa jenis yang berbeda, dan dapat dikenali melalui perbedaan warna dan fasilitas yang ditawarkan.

Walau begitu, masih banyak yang belum mengetahui apa perbedaan dari setiap SPBU Pertamina dengan warna berbeda ini. Padahal bila diamati, SPBU merah, biru, dan hijau ini memiliki kriteria masih-masing:

Mengutip dari Kompas.com, SPBU merah, biru dan hijau memiliki pembeda yang bisa langsung terlihat, yaitu:

1. SPBU Merah

SPBU Merah atau SPBU Pertamina Pasti Pas, sudah ada sejak 2006. Perbedaan yang sangat mencolok terlihat pada fasilitasnya.

SPBU Pertamina warna merah memiliki fasilitas yang standar, seperti toilet, tempat ibadah, isi angin, atau minimarket. Kemudian warna dispenser di SPBU biasanya berwarna hitam pada bagian bawah, dan untuk seragam operator dan tiang pilar menggunakan warna merah.

2. SPBU Biru

SPBU Pertamina Pasti Prima atau SPBU biru ini sudah ada sejak tahun 2015, dengan menawarkan fasilitas yang lebih lengkap dari SPBU merah.

Fasilitas yang bisa didapatkan seperti, kafe, restoran cepat saji, ATM, bengkel, jasa cuci kendaraan, penjualan pelumas, elpiji dan nitrogen. SPBU biru memang dirancang untuk memenuhi kebutuhan gaya hidup konsumen saat dalam perjalanan.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm