Mobil listrik berperforma tinggi Hyundai Ioniq 5 N(Dok. Hyundai)
Mobil listrik berperforma tinggi Hyundai Ioniq 5 N(Dok. Hyundai) ( KOMPAS.COM)

Hyundai Bicara Rencana Untuk Jual Ioniq 5 N di Indonesia

16 September 2023 21:05 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Hyundai Ioniq 5 N kabarnya akan dipasarkan tidak lama lagi. Tidak menutup kemungkinan Indonesia juga akan menjadi salah satu negara yang memasarkannya.

Pernyataan tersebut diungkapkan oleh Astrid Ariani Wijana, Head of Marketing PT Hyundai Motors Indonesia (HMID). Menurutnya, kemungkinan produk tersebut masuk ke Indonesia tetap ada.

"Kita tentunya akan tetap melihat dinamika yang terbentuk dari semua aspek. Jadi, tentunya sebelum memutuskan untuk membawa suatu produk, kita akan memlihat dulu dan memastikan jika nanti produknya akan dibawa tentunya sudah harus ada yang disiapkan," ujar Astrid, kepada wartawan, saat ditemui di Jakarta, belum lama ini.

Hyundai sebelumnya sudah menyebutkan bahwa Ioniq 5 N akan menyasar konsumen di kawasan Uni Eropa, Asia, dan Australia. Tapi, untuk pasar Indonesia, Hyundai akan melihat bagaimana respons dari konsumen.

"Jadi, prinsipnya kita akan tampung juga. Saya belum bisa cerita lebih banyak lagi. Tapi, kalau market Indonesia antusias, ya nanti kita akan pikirkan bagaimana caranya," kata Astrid.

Ioniq 5 N kabarnya akan diluncurkan di Australia pada kuartal I 2024. Mobil listrik berperforma tinggi ini akan dibanderol 111.000 dolar Australia atau sekitar Rp 1 miliar.

Bila masuk ke Indonesia, kemungkinan harganya akan lebih mahal. Kemungkinan akan mirip dengan Ioniq 6 yang saat ini dipasarkan dengan harga Rp 1,197 miliar.

Namun, tidak heran jika melihat spesifikasinya yang memang lebih tinggi dari Ioniq 5 standar yang saat ini diproduksi dan dipasarkan di Indonesia. Meski demikian, Hyundai enggan berkomentar terkait dengan harganya.

"Saya tidak bisa bicara soal harga, karena angka akan sangat berkaitan dengan produk dan fitur yang dibawa. Jadi, saya tidak bisa bilang apakah itu bisa diterima atau tidak," ujar Astrid.

Untuk diketahui, Ioniq 5 N dibangun dengan platform yang sama seperti Ioniq 5, yakni Electric Global Modular Platform (E-GMP). Tapi, Ioniq 5 N dibuat lebih rendah 20 mm, lebih lebar 50 mm, dan lebih panjang 80 mm.

Kemudian, pada bagian kaki-kakinya, dibekali dengan roda berukuran 21 inci. Untuk menghasilkan performa yang maksimal, ban Pirelli P Zero berukuran 275/35 jadi andalan.

Sementara pada interiornya, Ioniq 5 N memiliki desain setir yang baru dan memiliki berbagai tombol N, termasuk tombol N Grin Boost. Joknya model bucket, seperti pada mobil balap.

Untuk baterainya, Ioniq 5 N membawa kapasitas yang lebih besar, yakni 84 kWh. Tenaganya diklaim mencapai 448 kW atau sekitar 601 Tk, tapi dengan mode Boost bisa bertambah hingga 478 kW atau setara 641 Tk. Tenaganya didapatkan dari motor listrik yang ada di roda depan dan belakang.

Dengan tenaga sebesar itu, Ioniq 5 N memiliki kemampuan akselerasi yang luar biasa. Untuk mencapai 100 kilometer per jam, diklaim cuma membutuhkan waktu 3,4 detik. Sedangkan kecepatan maksimumnya, disebutkan bisa tembus 260 kilometer per jam.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Hyundai Bicara Rencana Jual Ioniq 5 N di Indonesia", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2023/09/16/104200215/hyundai-bicara-rencana-jual-ioniq-5-n-di-indonesia?page=all#page2.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm