Tombol pengunci atau release button di tuas transmisi matik(())
Tombol pengunci atau release button di tuas transmisi matik(()) ( KOMPAS.COM)

Gejala Umum Pada Transmisi Mobil Matik yang Bermasalah

17 September 2023 19:17 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Transmisi matik diciptakan untuk memudahkan pengemudi saat berkendara. Tapi transmisi otomatis dianggap tidak setangguh transmisi manual.

Hermas Efendi Prabowo, Pemilik Warner Matic Bengkel Spesialis Matik mengatakan, kesalahan pemilik mobil matik ialah memperlakukan mobilnya seperti mobil manual.

"Jadi cara berkendara. Sebetulnya sah-sah saja orang mau mengendarai seperti apa tapi artinya paham konsekuensi yang bisa memperpendek umur matik," kata Hermaa kepada Kompas.com, Sabtu (16/9/2023).

Hermas mengatakan, ada gejala umum yang dapat dirasakan oleh pemilik mobil apabila transmisi matiknya mengalami masalah.

“Gejala macam-macam. Timbul kemudian ada indikator di girboks di dashboard. Ada indikator di lampu transmisi dan gear itu sendiri yang kemudian menunjukkan ada yang error di situ,” kata Hermas kepada Kompas.com, Sabtu (16/9/2023).

Hermas mengatakan, gejala paling umum transmisi matik bermasalah ialah terjadi gangguan pada saat mobil mau maju dan mundur.

“Misalnya saat start mundur atau maju. Bisa juga pada saat jalan perpindahan gigi otomatis,” ungkapnya.

“CVT tidak berkerja dengan. Baik perpindahan terasa kasar, kemudian tidak dapat top speed, bahan bakar boros,” ujar Hermas.

“Kemudian noise atau suara gangguan yang tidak semestinya. Kemudian susah pindah gigi dan tidak kuat menanjak,” kata Hermas.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Gejala Umum Transmisi Mobil Matik Bermasalah", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2023/09/17/102200415/gejala-umum-transmisi-mobil-matik-bermasalah.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm