Pihak Hyundai mengajak beberapa media untuk mencoba keunggulan Stargazer X lewat acara test drive melewati jalur Yogyakarta-Solo(Foto: Hyundai)
Pihak Hyundai mengajak beberapa media untuk mencoba keunggulan Stargazer X lewat acara test drive melewati jalur Yogyakarta-Solo(Foto: Hyundai) ( KOMPAS.COM)

Bawa Mobil Matik ke Daerah Pegunungan, Jangan Diforsir

17 September 2023 19:32 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Muncul anggapan bahwa mobil transmisi matik tidak setangguh mobil manual untuk melibas tanjakan. Apalagi kalau dibawa ke daerah pegunungan yang didominasi jalan curam.

Hermas Efendi Prabowo, Pemilik Warner Matic Bengkel Spesialis Matik mengatakan, sebetulnya mobil matik kuat-kuat saja diajak menanjak, namun pemilik mesti paham cara berkendara yang tepat.

"Perilaku ketika di tanjakan kan biasanya mobil nanjak tinggi. Idealnya nanjak tinggi mobil sudah panas istirahat dulu lima sampai 10 menit cuma orang males begitu," kat Hermas kepada Kompas.com, Sabtu 16/9/2023).

"Karena saat nanjak itu pasti masuk gigi 1 atau 2, saat mesin panas pasti memengaruhi kinerja oli (matik) dan elektrifikasi," katanya.

"Sedangkan tekanan oli sangat dipengaruhi oli itu sendiri dan elektrikal. Saat level tertenu clucth gagal bekerja begitu selip dia gosong dan rontok. Karena cara berkendara yang tidak pas," katanya.

Hermas mengatakan banyak pengemudi yang menggantung oedal gas saat tanjakan.

Hal tersebut bakal cepat merusak transmisi matik, sebab transmisi dipaksa bergerak dalam kondisi bobot dan gerak mobil yang mengarah ke belakang.

"Tekanan oli transmisi yang dihasilkan jadi lebih besar untuk mengimbangi kekuatannya. Oli transmisi jadi cepat panas akhirnya overheat dan transmisi nge-loss," ujarnya.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Bawa Mobil Matik ke Pegunungan, Jangan Diforsir", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2023/09/17/104200615/bawa-mobil-matik-ke-pegunungan-jangan-diforsir.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm