Ilustrasi helm motor dengan flat visor dan intercom(Kompas.com/Daafa Alhaqqy)
Ilustrasi helm motor dengan flat visor dan intercom(Kompas.com/Daafa Alhaqqy) ( KOMPAS.COM)

Helm Motor Pernah Jatuh, Apakah Masih Aman Untuk Dipakai?

17 September 2023 20:02 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Serba-serbi perawatan helm kadang menjadi persoalan yang membingungkan pengendara, salah satu contohnya yakni soal daya tahan pascabenturan.

Ada anggapan kalau helm motor yang sudah pernah mengalami benturan keras tidak lagi layak digunakan, dan sebaiknya langsung diganti.

Tapi menyoal acuan untuk tingkat benturan yang dimaksud, apakah helm jatuh atau terbanting juga bisa dianggap tidak layak pakai?

William, Pemilik Bandung Helmet Gallery, bantu menjawab pertanyaan ini. Dia menjelaskan, helm-helm dengan standar SNI seharusnya punya daya tahan yang cukup baik, dan tidak akan semudah itu rusak karena terbanting.

“Standar SNI itu kan enggak main-main mengujinya, ada tes ketahanan dan tekanan buat mengukur seberapa kuat konstruksi helm,” ucapnya kepada Kompas.com di Jakarta, akhir pekan lalu.

Kendati demikian, usia helm mungkin bisa menjadi faktor pembeda, karena semakin tua umur helm, semakin berkurang pula daya tahannya.

William mencontohkan, helm baru pasti akan jauh lebih aman jika terbanting dibandingkan helm berusia di atas 3-4 tahun.

“Kemungkinan bisa ada separasi layer habis kebanting. Jadi shell (lapisan luar) misah dengan padding (lapisan dalam). Jadinya helm kerasa oblak saat dipakai,” ucapnya.

Jika situasi ini terjadi, barulah William menganjurkan pengguna untuk mengganti helm, karena daya tahannya sudah sangat jauh menurun dan tidak layak digunakan lagi.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Helm Motor Pernah Jatuh, Apakah Masih Aman Dipakai?", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2023/09/17/112200315/helm-motor-pernah-jatuh-apakah-masih-aman-dipakai-.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm