Pengemudi ojek daring mengganti baterai sepeda motor listrik dengan yang sudah penuh terisi di Stasiun Penukaran Baterai Kendaraan Listrik Umum (SPBKLU) di SPBU Pertamina, Jalan MT Haryono, Jakarta, Senin (28/3/2022). Pemerintah Indonesia menargetkan dua juta kendaraan listrik dapat digunakan oleh masyarakat Indonesia pada 2025 sebagai salah satu upaya untuk menerapkan penggunaan energi terbarukan.(KOMPAS.com/GARRY LOTULUNG)
Pengemudi ojek daring mengganti baterai sepeda motor listrik dengan yang sudah penuh terisi di Stasiun Penukaran Baterai Kendaraan Listrik Umum (SPBKLU) di SPBU Pertamina, Jalan MT Haryono, Jakarta, Senin (28/3/2022). Pemerintah Indonesia menargetkan dua juta kendaraan listrik dapat digunakan oleh masyarakat Indonesia pada 2025 sebagai salah satu upaya untuk menerapkan penggunaan energi terbarukan.(KOMPAS.com/GARRY LOTULUNG) ( KOMPAS.COM)

Pertamina Siapkan 30 Titik SPBKLU pada Tahun Ini

18 September 2023 21:58 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah PT Pertamina (Persero) bakal fokus memperbanyak fasilitas swap baterai alias Stasiun Penukaran Baterai Kendaraan Listrik Umum (SPBKLU).

Walau begitu, SPBKLU Pertamina saat ini lebih banyak digunakan untuk roda dua dengan sistem tertutup, di mana Pertamina juga bekerja sama dengan Grab dan Gojek.

“Pertamina swap station (tahun ini) hanya sekitar 30 titik,” ujar Fadli Rahman, Director of Strategic Planning & Business Development Pertamina New & Renewable Energy, kepada Kompas.com di Jakarta (12/9/2023).

“Karena kami memang fokus di pengembangan untuk membantu teman-teman dari ojek online, dengan Gojek dan Grab,” kata dia.

Fadli juga mengatakan, pihaknya juga berencana melakukan kerja sama dengan Swap dan Volta untuk menambah jumlah SPBKLU.

“Kami melihat responnya seperti apa. Kalau dari pengguna akan banyak, nanti akan kami tambah. (SPBLKU) saat ini tersebar di Jakarta dan Bali, seingat saya target 160 titik sampai tahun depan,” ucap Fadli.

Sebelumnya pada Agustus lalu, Direktur Utama PT Pertamina Patra Niaga, Riva Siahaan mengatakan, SPBKLU Pertamina berjumlah 13 titik, dengan rincian 7 titik di Jakarta dan 6 titik di Bali.

Sementara itu, PLN mengklaim bahwa saat ini terdapat 1.056 SPBKLU di seluruh Indonesia yang bisa dimanfaatkan pengguna motor listrik.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Pertamina Siapkan 30 Titik SPBKLU Tahun Ini", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2023/09/18/112200115/pertamina-siapkan-30-titik-spbklu-tahun-ini.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm