Ilustrasi kamar tidur, kamar tidur minimalis.(Shutterstock/Ground Picture)
Ilustrasi kamar tidur, kamar tidur minimalis.(Shutterstock/Ground Picture) ( KOMPAS.COM)

Posisi Tidur Menghadap ke Arah Utara, Baik atau Buruk untuk Kesehatan?

19 September 2023 16:56 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Tidur merupakan kebutuhan yang harus dipenuhi semua orang setiap harinya. Pasalnya, cukup tidur tak cuma menjaga kesehatan fisik dan mental, tetapi juga berdampak sangat besar terhadap kualitas hidup secara keseluruhan. 

Sayangnya, banyak dari kita yang kebutuhan tidurnya tidak terpenuhi maksimal alias tidak berkualitas, bahkan sulit beristirahat.  

Ada sejumlah penyebab sulit tidur, dari stres, mengonsumsi makanan manis sebelum tidur, kamar tidur yang panas dan tidak nyaman, hingga posisi tidur.  

Untuk penyebab terakhir, ada beberapa posisi tidur yang dapat mempengaruhi kualitas tidur maupun mengganggu istirahat. 

Sesuai dengan arah mata angin, posisi tidur juga terdiri atas timur, utara, barat, dan selatan. Lantas, manakah posisi terbaik untuk tidur? 

Sejumlah ahli tidur terbaik, psikolog, dan terapis memaparkan bahwa utara adalah arah atau posisi terbaik untuk tidur.  

Dilansir dari Ideal Homes, Senin (18/9/2023), berikut penjelasan tentang posisi tidur menghadap ke utara

Haruskah tidur menghadap ke utara?

Ada sejumlah penelitian yang mendukung manfaat posisi tidur menghadap ke utara dengan kepala di selatan dan kaki ke utara.

Ana Brito, pakar ahli somnologi bersertifikat dari European Sleep Research Society, menjelaskan penelitian terbaru menunjukkan tidur dengan posisi kepala di selatan dapat meningkatkan kualitas tidur, kesehatan jantung, dan kesehatan mental. 

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm