Ilustrasi kue cucur.
Ilustrasi kue cucur. ( Dok. Sajian Sedap)

Masak Pakai Wajan, Berikut Cara Membuat Kue Cucur Antigagal

19 September 2023 17:05 WIB

SonoraBangka.id - Camilan tradisional Indonesia seperti kue cucur, tergolong sebagai kue basah yang mudah dibuat.  Kamu hanya butuh enam sederhana untuk membuat kue cucur. Sementara alat masaknya hanya butuh wajan alumunium diameter kecil yang biasa untuk membuat telur dadar.  Simak resep kue cucur antigagal dari Sajian Sedap untuk camilan simple keluarga.

Resep kue cucur antigagal

Bahan

230 ml air

125 gram gula merah

2 lembar daun pandan

125 gram tepung beras

30 gram tepung terigu protein sedang

1/4 sendok teh garam 

Cara membuat kue cucur antigagal:

1. Rebus air, gula merah, dan daun pandan sampai gula larut dan mendidih. Saring. Diamkan hingga hangat kuku.

2. Campur tepung beras, tepung terigu, dan garam. Tuang larutan gula sedikit-sedikit sambil diuleni. Setelah adonan kental, keplok-keplok 30 menit sambil terus dituangi larutan gula sedikit sampai habis. Diamkan 40 menit.

3. Panaskan empat sendok makan minyak dalam wajan cekung kecil. Tuang adonan cucur. Siram-siram dengan minyak panas sampai mengembang dan berserat.

4. Tusuk bagian tengahnya dengan tusuk gigi sambil diputar-putar sehingga adonan yang masih mentah keluar lalu siram-siram sampai matang. Balik sebentar. Angkat.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Resep Kue Cucur Antigagal, 6 Bahan Simpel Masak Pakai Wajan", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/food/read/2023/09/19/141200275/resep-kue-cucur-antigagal-6-bahan-simpel-masak-pakai-wajan.


Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm