Ilustrasi motor listrik terbakar(Screenshot Facebook Komal Khan)
Ilustrasi motor listrik terbakar(Screenshot Facebook Komal Khan) ( KOMPAS.COM)

Kasus Kebakaran Motor Listrik Meningkat di Inggris

20 September 2023 19:45 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Kejadian motor listrik dan sepeda listrik terbakar ternyata meningkat di Eropa, yakni Inggris, terutama London. Para pemadam kebakaran di sana menghadapi kasus lebih banyak pada tahun ini.

Dikutip dari Motorcyclenews, Dom Ellis, Deputy Commissioner dari The London Fire Brigade mengatakan, kasus kebakaran motor listrik dan skuter listrik sekarang sedang meningkat.

"Di London, secara kasar ada satu kali kejadian motor atau sepeda listrik yang terbakar setiap dua hari. Ini sudah lebih banyak dari yang kita alami di 2022," ucap Ellis, Rabu (20/9/2023).

Secara rinci, The London Fire Brigade sudah menangani 104 sepeda listrik dan 19 skuter listrik yang terbakar sampai Agustus 2023. Padahal di 2022, terhitung cuma ada 116 kejadian.

"Butuh penelitian lebih lanjut apa saja yang jadi penyebab baterai terbakar. Begitu juga dibuat regulasi di mana nantinya orang tidak beli produk yang membahayakan, seperti baterai, kit konversi dari online (lokapasar)," kata Ellis.

Khawatir bila dibiarkan saja penyebaran baterai dan kit konversi secara online dan tidak diawasi, maka kejadian kebakaran bisa terus terjadi.

"Kami paham bagaimana kebakaran ini sangat hebat dan berbahaya, jadi sebenarnya kami tidak menyarankan motor dan sepeda listrik ini disimpan di dalam ruangan," kata Ellis.

Hanya, kalau terpaksa disimpan di dalam ruangan, ikuti prosedur keamanan. Selain itu, jangan menaruh kendaraan listrik di pintu depan, lorong, atau jalan untuk melarikan diri saat kondisi darurat (kebakaran) terjadi.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Kasus Motor Listrik Terbakar Meningkat di Inggris", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2023/09/20/082200515/kasus-motor-listrik-terbakar-meningkat-di-inggris.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm