ilustrasi tuna tataki.
ilustrasi tuna tataki. ( SHUTTERSTOCK/Klimatis019)

Mirip Bikinan Sanji One Piece Live Action, Berikut Resep Ahi Tuna Steak

20 September 2023 20:25 WIB

SonoraBangka.id - Salah satu episode One Piece Live Action di Netflix menunjukkan Sanji menyajikan steik tuna yang ia beri nama True Bluefin Saute. Steik tuna sirip biru (bluefin tuna) itu disajikan bersama asparagus panggang, saus bawang, dan topping berbentuk bunga dari tepung.

Makanan yang dibikin Sanji memperlihatkan tuna dipanggang di wajan sampai seluruh permukaannya matang tetapi tengahnya masih mentah. Steik tuna buatan Sanji mirip dengan pembuatan steik tuna ahi.

Menurut All Recipes, tuna ahi mengacu pada dua jenis tuna yaitu tuna mata besar (bigeye tuna) dan tuna sirip kuning (yellowfin tuna). Rasa tuna mata besar cenderung buttery, sedangkan tuna sirip kuning memiliki rasa yang lebih lembut.

Steaik tuna ahi disajikan setengah matang karena cukup dipanggang bagian permukaannya selama satu menit sehingga pilihlah tuna kualitas sasyimi atau susyi. Tuna ahi memiliki rasa yang ringan, jadi sebaiknya bumbui sebelum dimasak.

Resep ini menggunakan garam, cabai bubuk. dan merica utuh sebagai bumbu tuna. Selain itu, kamu juga bisa membumbui steik tuna ahi dengan saus sederhana seperti saus teriyaki, saus jeruk, atau kecap asin.

Cara terbaik untuk memasak steik tuna ahi adalah dengan memanggangnya di wajan tetapi bisa juga pakai alat panggangan lain. Simak cara membuat steik tuna ahi berikut. 

Resep steik tuna ahi

Bahan steik tuna ahi

140 gram steik tuna ahi

1 sdt garam

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm