Ilustrasi
Ilustrasi ( KOMPAS/TOTOK WIJAYANTO)

Ombudsman Sebut Tiga Faktor Ini Penyebab Harga Beras Naik, Termasuk BBM

20 September 2023 20:59 WIB

SonoraBangka.id - Diketahui, hingga saat ini harga beras telah menjadi keluhan masyarakat karena terus merangkak naik.

Ombudsman Republik Indonesia (RI) telah mengungkapkan tiga penyebab utama yang menyebabkan harga beras di Indonesia menjadi mahal.

Tidak sedikit orang yang mengaitkan harga beras mahal karena dampak El-Nino yang menyebabkan kemarau dan kekeringan sehingga berdampak ke pertanian.

Berbeda dengan sejumlah pihak, menurut Ombudsman RI, ada tiga faktor utama yang berkontribusi pada kenaikan harga beras, dan bukan karena El Nino seperti yang dikhawatirkan oleh banyak orang.

Ketiga faktor tersebut adalah permasalahan iklim, permasalahan di hulu, dan permasalahan di hilir.

Dalam hal permasalahan iklim, Ombudsman RI menjelaskan bahwa dampaknya terhadap kenaikan harga beras sebenarnya tidak begitu signifikan.

Anggota Ombudsman RI, Yeka Hendra Fatika, mengatakan bahwa iklim tidak memiliki dampak signifikan terhadap kenaikan harga beras, meskipun beberapa daerah mungkin mengalami penurunan produksi padi akibat iklim yang buruk.

Ilustrasi
Pimpinan Ombudsman RI, Yeka Hendra Fatika saat menghadiri Launching Gerakan Pangan Murah di Provinsi Bangka Belitung (Bangkapos.com/Sela Agustika)

Namun, produksi masih dapat dipasok dari daerah lain yang tidak terpengaruh oleh perubahan iklim.

Yeka Hendra Fatika menegaskan bahwa pengaruh iklim lebih berlaku di lokasi tertentu daripada secara umum di semua wilayah.

"Sejauh mana apakah permasalahan iklim ini bisa disimpulkan. Misalnya saat ini nasional terjadi penurunan produksi padi karena iklim? Kami tidak bisa jawab itu, namun kalau kita berbicara spesifik lokasi maka pengaruh iklim itu ada di lokasi tertentu. Apakah berlaku secara umum di semua wilayah? Belum tentu," jelasnya dikutip dari Kompas.com, Senin (18/9/2023).

SumberBangkapos.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm