Ilustrasi lemon.
Ilustrasi lemon. ( Shutterstock/Alexeysun)

Kadang Salah Sebut, Berikut Ini 3 Perbedaan Lime dan Lemon

25 September 2023 15:53 WIB

SonoraBangka.id - Lime dan lemon adalah dua di antara lebih kurang 400 varian jeruk atau buah sitrus yang ada di dunia. Melansir The Spruce Eats, jeruk merupakan kategori buah dengan kulit tebal dan bagian tengah terdapat daging buah atau biasa disebut pulp.

Walau sama-sama jeruk, terdapat sejumlah perbedaan pada lime dan lemon. Orang Indonesia biasa menyebut lime sebagai jeruk nipis. Jeruk nipis di Indonesia biasanya digunakan untuk campuran minuman, jamu, sambal, maupun pelengkap makanan berkuah misalnya soto.

Sementara itu, lemon di Indonesia lebih sering digunakan sebagai minuman dan kulitnya dijadikan penyedap kue atau masakan. Selain itu, simak perbedaan jeruk nipis dan lemon mengutip Healthline berikut. 

1. Tampilan fisik jeruk nipis dan lemon

Perbedaan paling mencolok antara jeruk nipis dan lemon adalah tampilan luarnya. Lemon biasanya berwarna kuning cerah. Sementara, jeruk nipis umumnya hijau cerah tetapi jenis jeruk nipis tertentu akan menguning saat matang. Bentuk jeruk nipis biasanya bulat kecil, sedangkan lemon oval atau lonjong dan ukurannya lebih besar daripada jeruk nipis. Diameter jeruk nipis bervariasi antara tiga sampai enam sentimeter, sedangkan lemon antara tujuh sampai 12 sentimeter.

2. Rasa jeruk nipis dan lemon

Masih termasuk buah sitrus, rasa lemon dan jeruk nipis cenderung kecut dan asam. Namun, lemon cenderung memiliki rasa yang sedikit manis, sedangkan jeruk nipis biasanya lebih pahit. Jeruk nipis terkadang digambarkan lebih asam daripada lemon tetapi hal ini mungkin akibat rasa jeruk nipis yang pahit.

3. Penggunaan jeruk nipis dan lemon pada makanan

Kita perlu memahami perbedaan rasa jeruk nipis dan lemon agar tahu kegunaannya dalam masakan dan apakah keduanya bisa saling menggantikan pada sebuah resep. Menurut The Spruce Eats, rasa lemon yang cenderung manis membuatnya lebih universal, bisa digunakan untuk makanan gurih maupun manis. Lemon cocok dijadikan bumbu atau lumuran ikan, kerang, ayam, domba, buah beri, moktail, maupun jus. Selain itu, lemon bisa dijadikan selai, perasa makanan, atau isi kue pai.

Sementara itu, jeruk nipis yang cenderung pahit lebih sering digunakan untuk makanan gurih misalnya menjadi bumbu marinasi ayam, daging, atau seafood. Air perasan jeruk nipis juga kerap dicampur dengan minuman hangat maupun dingin. Tidak menutup kemungkinan untuk menambahkan jeruk nipis pada makanan manis tetapi kembali ke takaran bahan dan selera masing-masing.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "3 Beda Lime dan Lemon yang Kadang Salah Sebut", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/food/read/2023/09/24/110300375/3-beda-lime-dan-lemon-yang-kadang-salah-sebut?page=all#page2.


Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm