Honda BeAT yang dikonversi menjadi motor listrik, menggunakan penggerak mid-drive dengan gear rasio(Kompas.com/Daafa Alhaqqy)
Honda BeAT yang dikonversi menjadi motor listrik, menggunakan penggerak mid-drive dengan gear rasio(Kompas.com/Daafa Alhaqqy) ( KOMPAS.COM)

Tidak Sulit, Proses Untuk Konversi Motor Listrik Cuma Butuh Waktu 30 Menit

25 September 2023 19:54 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Menyongsong era elektrifikasi Indonesia, Pemerintah kian menggencarkan program-program yang bertujuan memperbanyak populasi kendaraan listrik.

Selain pembebasan subsidi motor listrik sebesar Rp 7 Juta, Pemerintah melalui Kementerian ESDM dan Kemenhub juga memberikan subsidi konversi, dengan target pencapaian yang juga cukup tinggi.

Satu hal yang cukup menarik dari konversi motor listrik, ternyata proses pengerjaan teknisnya sangat mudah dan cepat, bahkan tidak sampai 1 jam.

Padahal kalau dipikir-pikir, ada perubahan 180 derajat setelah motor dikonversi. Bahan bakarnya tidak lagi menggunakan bensin, namun daya listrik. Siapa yang menyangka, prosesnya ternyata bisa secepat ini.

Nanang Setiawan, Kepala Bengkel Spesialis Konversi Bintang Racing Team Merry Garage (BRT MG) Tangerang, mengaku sering menjumpai konsumen yang terkejut setelah mengetahui hal ini.

“Banyak yang kaget, tapi ya pengerjaannya memang cepat, 30 menitan lah. Saya sering bilang juga (ke konsumen), kalau tidak percaya, mangga dilihat saja sambil ngopi,” ucapnya kepada Kompas.com sambil tertawa, Minggu (24/9/2023).

Nanang menjelaskan, proses konversi bisa cepat karena pengerjaannya tidak rumit, dengan catatan semua peralatan vital sudah tersedia.

“Yang mengerjakan itu 2 mekanik, jadi 1 orang bongkarin mesin lama, satunya lagi nyiapin dinamo, baterai, controller. Sudah ada SOP-nya,” kata dia.

Menimbang mekanik-mekanik di bengkelnya sudah menerima sertifikasi pelatihan konversi, Nanang menjamin pola kerjanya sudah sesuai dan sangat lancar.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Tidak Sulit, Proses Konversi Motor Listrik Cuma Butuh Waktu 30 Menit", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2023/09/25/081200215/tidak-sulit-proses-konversi-motor-listrik-cuma-butuh-waktu-30-menit.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm