Gurah mesin menjadi salah satu cara mengangkat kerak karbon di mesin(dok. OJC)
Gurah mesin menjadi salah satu cara mengangkat kerak karbon di mesin(dok. OJC) ( KOMPAS.COM)

Jangan Salah Dalam Memahami, Gurah Mesin Beda dari Engine Flush

25 September 2023 21:50 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Tidak sedikit masyarakat salah dalam memahami gurah mesin dan engine flush karena keduanya seakan-akan merujuk kepada satu jenis perawatan mobil.

Padahal, keduanya berbeda walau sama-sama mengandung kata “mesin”, sedangkan secara bahasa “flush” artinya membilas dan “gurah” juga bisa diartikan sama. Oleh sebab itu, kesalahpahaman kerap terjadi.

Orang-orang bengkel memang memaknai keduanya berbeda meski secara umum bertujuan untuk menjaga performa mesin agar tetap prima. Lantas, apa perbedaannya?

Hardi Wibowo, Pemilik Aha Motor Yogyakarta, mengatakan, gurah mesin dan engine flush merupakan dua hal yang berbeda karena bagian yang dibersihkan tidak sama.

“Gurah mesin itu maksudnya pembersihan kerak karbon yang ada pada ruang bakar dan salurannya, tujuannya agar tidak terjadi pembakaran kurang sempurna,” ucap Hardi kepada Kompas.com, Minggu (24/9/2023).

Pria yang membuka bengkelnya di Jalan Magelang, Mlati, Sleman, ini mengatakan, material pembersih kerak karbon didesain khusus agar bisa mengangkat kerak yang ada di ruang bakar.

Hardi mengatakan, cairan gurah mesin ada dua jenis yakni foam yang bisa mengangkat karbon dengan perlahan dan water based lebih cepat bereaksi.

“Keduanya cukup efektif mengangkat kerak karbon, untuk selanjutnya disedot menggunakan alat vakum. Dengan demikian, ruang bakar diharapkan kembali bersih,” ucap Hardi.

Sedangkan engine flush merupakan sebutan untuk mengencerkan kerak atau oli yang mengental pada ruang mesin. Proses ini bertujuan untuk menjaga sistem pelumasan mesin agar tetap lancar.

“Seperti yang diketahui oli bisa mengental, dan mengendap bila telat diganti, sehingga beberapa saluran oli bisa menyempit atau tersumbat, risikonya komponen mesin bisa aus dan menyebabkan mesin rontok,” ucap Hardi.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm