Ilustrasi
Ilustrasi ( thinkstockphotos )

Orangtua Wajib Tahu! Ini 5 Tips agar Internet Bisa Aman untuk Anak

26 September 2023 10:19 WIB

SonoraBangka.id - Saat ini, anak-anak bisa mendapatkan informasi yang sebenarnya belum cocok mereka konsumsi, apalagi di era tekhnologi seperti ini

Banyaknya informasi di internet atau media sosial, seperti konten ponografi atau video bunuh diri, yang bisa dilihat dan akhirnya berdampak serius bagi kesehatan mental anak.

Selain itu, sebagian besar platform media sosial juga memiliki fitur pesan atau komentar langsung, jadi selalu ada kemungkinan anak mendapat komentar buruk atau mengobrol dengan orang asing.

Meskipun berbahaya, ada banyak cara untuk mengurangi risiko pada anak saat menggunakan aplikasi tersebut.

Nah, berikut ini 5 tips yang bisa kita atau anak kita lakukan agar bisa aman bermedia sosial.

Tips ini dibagikan oleh pakar Acronis Cyber Protection.

1. Ubah akun menjadi pribadi (private)

Meskipun akun bersifat publik secara default, kita dapat beralih ke akun pribadi.

Pastikan informasi pribadi 'disembunyikan' dari tampilan dan setelan privasi diaktifkan di akun anak kita, sehingga hanya teman yang dapat melihat postingan, foto, dan detail mereka seperti ulang tahun atau sekolah.

2. Berpikir sebelum mengunggah

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm