Cara terbaik saat akan membeli mobil bekas ialah dengan melakukan test drive alias mencoba langsung. (Foto: mobil88)
Cara terbaik saat akan membeli mobil bekas ialah dengan melakukan test drive alias mencoba langsung. (Foto: mobil88) ( KOMPAS.COM)

Konsumen Mobil Bekas Banyak yang Memakai Jasa Inspektor?

26 September 2023 20:29 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Memilih mobil bekas berkualitas susah-susah mudah, untuk itu saat ini mulai marak jasa inspeksi kendaraan yang membantu calon konsumen memilih mobil bekas incaran.

Andi, dari diler mobil bekas Jordy Mobil MGK Kemayoran, mengatakan, jasa inspeksi kendaraan seperti ini sudah cukup lama tapi dulu bersifat perorangan atau orang yang dikenal si calon pembeli.

Saat ini kata Andi, orang yang memakai jasa inspeksi kendaraan memang meningkat namun jumlahnya tidak terlalu banyak. Saat ini konsumen mobil bekas lebih memilih garansi karena dianggap lebih mudah.

"Untuk saat ini belum terlalu banyak yang pakai jasa inspektor, paling kata saya masih 30 persen yang pakai inspektor seperti itu," kata Andi kepada Kompas.com, Senin (25/9/2023).

"Tapi kebanyakan konsumen itu saat ini minta garansi, itu yang lebih banyak. Jadi ada pihak ketiga yang memberikan garansi. Garansi mesin dan matik misal 1 tahun, konsumen bayar Rp 1,1 juta buat garansi," katanya.

Andi mengatakan, jasa inspeksi seperti ini memang bersinggungan langsung dengan pedagang mobil bekas dan musuh buat pedagang mobil yang culas.

"Tergantung main mobilnya seperti apa, kalau main jorok pasti tidak suka, tapi kalau main mobil bagus tidak ada masalah," ujar Andi.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Konsumen Mobil Bekas Banyak yang Pakai Jasa Inspektor? ", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2023/09/26/100200315/konsumen-mobil-bekas-banyak-yang-pakai-jasa-inspektor-.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm